Jogja

Abdi Dalem Paku Alaman Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau biasa dikenal BP Jamsostek Cabang Yogyakarta terus mendorong kepesertaan ag
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau biasa dikenal BP Jamsostek Cabang Yogyakarta terus mendorong kepesertaan agar mendapat perindungan sosial. Diantaranya memberi perlindungan bagi 60 abdi dalem dan pegawai kesekretariatan.

"Untuk tahap awal ada 60 abdi dalem yang menjadi pesert BPJS Kesehatan. Tahap selanjunya adalah melakukan sosialisasi bagi yang lain sehingga diharapkan total 400 abdi dalem ikut dalam program sosial yang dijamin BPJS Ketenagakerjaan," ungkap Permaisuri Kadipaten Paku Alaman Kanjeng Gusti Bendoro Raden Ayu Adipati (KGBRAy) Paku Alam X atau akrab disapa Gusti Putri disela pemberian kartu peserta secara simbolis oleh Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Teguh Wiyono kepada para pegawai kesekretariatan Kraton Paku Alaman Yogyakarta.

Gusti Putri mengaku senang atas perlindungan jaminan sosial ini karena para abdi dalem bekerja dari pagi sampai sore dengan sarat risiko. Jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian menjadi program yang dibutuhkan selama ini. Sehingga selanjutnya bisa menjalankan aktivitas dengan tenang.

"Tidak hanya jaminan kesehatan, para pegawai kesekretarian dan abdi dalem bisa menjalankan aktivitas sehari-harinya tanpa rasa was-was. Para abdi dalem saat bekerja sarat berisiko seperti tebang pohon, bersih-bersih sampai labuhan yang mengharuskan berjalan kaki sejauh 8 kilometer untuk waktu tertentu," ungkap Gusti Putri.


"Saya tidak bisa memaksa karena honor yang diterima berbeda. Tapi, Saya akan tetap mendorong para abdi dalem bahkan Ibu PKK agar ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakeejaan karena manfaat yang ditereima sangat besar. Selama ini bila ada abdi dalem yang mengalami kecelakaan, hanya bisa urunan. Saat ini, bila sudah menjadi peserta semua biaya yang dikeluarkan dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan," pungkas Gusti Putri.


Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Teguh Wiyono menjelaskan sebanyak 60 abdi dalem dan pegawai kesekretariatan ini menjadi peseeta dengan skeman penerima upah. Mereka akan menerima manfaat berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Sebelumnya, kadipaten belum mengetahui program ini sehingga pihaknya melakukan sosialisasi.