Jogja

Ada 6000 Keping, Blanko E-KTP Kembali Tersedia di Yogyakarta

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Ketersediaan blanko cetak kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) kembali pulih setelah sebelumnya sempat kosong di wilayah Yogyakarta. Di
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Ketersediaan blanko cetak kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) kembali pulih setelah sebelumnya sempat kosong di wilayah Yogyakarta. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat menyatakan pencetakan kartu identitas kependudukan tersebut kini mulai bisa dilayani langsung melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) Yogyakarta.

“Hari ini kami mengambil langsung ke pusat. Harapannya, besok (Jumat, 6/1) sudah bisa mulai melayani pencetakan KTP elektronik kembali,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo, Kamis (5/1/2023).

Menurut Bram, jumlah blanko yang akan diambil di pusat sebanyak 6.000 keping atau sesuai dengan permohonan yang diajukan berdasarkan kebutuhan untuk layanan KTP bagi pemula, penggantian untuk kartu yang hilang atau rusak, perubahan biodata kependudukan, layanan drive thru, dan bantuan untuk cetak KTP dari luar domisili.

Sejak persediaan blanko e-KTP kosong, hingga saat ini ada sekitar 1.000 warga yang memegang surat keterangan KTP sebagai pengganti sementara e-KTP hingga blanko kembali tersedia.

“Setiap hari, kami mengeluarkan sekitar 170 lembar surat keterangan sebagai pengganti sementara e-KTP. Jadi sampai saat ini ada sekitar 1.000 lebih warga yang masuk daftar tunggu cetak e-KTP,” katanya.

Warga bisa langsung datang ke gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Yogyakarta dengan membawa surat keterangan KTP disertai syarat lain seperti KTP lama yang rusak atau surat kehilangan untuk KTP yang hilang untuk mencetak e-KTP baru.

“Nanti akan diarahkan oleh petugas untuk pelayanan pencetakan e-KTP. Bagi warga lain yang juga membutuhkan e-KTP, juga bisa langsung datang ke MPP atau mendaftar dulu secara daring. Semua kami layani,” ujarnya.

Sedangkan layanan pencetakan e-KTP melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), lanjut Bram, hingga saat ini belum dapat diakses karena sistem belum terkoneksi.

“Untuk layanan lain selain pencetakan e-KTP, tetap bisa diakses melalui ADM. Hanya e-KTP saja yang tidak bisa karena sistem belum terkoneksi,” katanya. (*)