Ekonomi, Fintech & UMKM

Adidas dan Puma, Dua Raksasa Aparel Olahraga yang Lahir dari Perseteruan Keluarga

  • Jika saja Adi dan Rudi Dassler hidup rukun, Gebrüder Dassler dari Jerman mungkin akan mengalahkan Nike sebagai perusahaan sepatu olahraga top dunia saat ini.
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

JAKARTA-Jika saja Adi dan Rudi Dassler hidup rukun, Gebrüder Dassler dari Jerman mungkin akan mengalahkan Nike sebagai perusahaan sepatu olahraga top dunia saat ini. 

Namun  perseteruan sengit dua saudara ini mengakibatkan Gebrüder Dassler (Dassler Brothers) terbelah dua dan terlahir kembali sebagai Adidas dan Puma, yang saat ini merupakan bisnis sepatu olahraga top kedua dan ketiga di dunia.

Adolf (Adi) Dassler mulai membuat sepatu di ruang cuci ibunya tidak lama setelah pulang ke desa Bavaria di Herzogenaurach setelah Perang Dunia I. Bisnisnya berjalan dengan baik, dan kakak laki-lakinya Rudolph (Rudi) Dassler bergabung dengannya beberapa tahun kemudian untuk membantu. Adi yang pemalu adalah kekuatan kreatif dan otak di balik bisnis, sementara Rudi yang ekstrovert adalah penjualnya.

Dikutip dari Howsutffwork.com dan TrenAsia.con Gebrüder Dassler segera mendapat pujian karena meluncurkan track spike pertama. Tetapi perusahaan itu benar-benar berkembang setelah saudara-saudara membujuk atlet Olimpiade Amerika Jesse Owens untuk memakai sepatu mereka di Olimpiade Berlin 1936. 

 

Dia melakukannya, dan memenangkan empat medali emas. Namun itu bukan kemenangan yang seharusnya bagi saudara-saudara, karena hal-hal mulai memburuk di antara keduanya.

Adolf Dassler (kiri) dan Rudolf Dassler/Howstuffwork 

Hubungan buruk dimulai beberapa tahun sebelumnya, pada tahun 1933, ketika istri Adi yang berusia 16 tahun mencoba ikut campur dalam bisnis. Rudi tidak senang. 

Keluarga Adi dan Rudi yang tinggal bersama di townhome menjadi sering bertengkar. Tetapi titik puncaknya terjadi selama serangan udara Perang Dunia II. Rudi dan keluarganya dimasukkan ke dalam tempat perlindungan bom dan ketika Adi dan keluarganya masuk, Adi berkata. "Bangsat-bangsat kotor itu kembali lagi." 

Dia mengaku mengomentari rencana Angkatan Udara Inggris yang menderu di atas kepala, tetapi Rudi yakin Adi merujuk pada keluarganya. Dari sana, semuanya dengan cepat terurai.

Ketika Rudi dipanggil untuk bertugas di militer Nazi pada tahun 1943, dia yakin Adi mengatur agar dia dikeluarkan dari pabrik. Karena ingin kembali, Rudi meninggalkan jabatannya pada tahun 1945. Kemudian, ketika ditangkap karena desersi, dia kembali menyalahkan Adi  yang dituduh mengadu.

Pecah kongsi

Setelah beberapa pertengkaran lagi, keduanya memecah perusahaan pada tahun 1948 dan  memindahkan aset dan karyawan ke salah satu dari dua operasi yang bersaing yang terletak di sisi berlawanan dari Sungai Aurach yang mengalir melalui kota. 

Adi mengganti nama bisnisnya menjadi "Adidas" sebagai gabungan nama depan dan belakang. Rudi melakukan hal yang sama dengan membuat merek  "Ruda" yang kemudian mengubahnya menjadi "Puma" karena dianggap lebih menarik.

Segera, sebagian besar warga Herzogenaurach dipekerjakan oleh Adidas atau Puma, dan persaingan sengit saudara kandung menyebar ke seluruh kota. Jika Anda bekerja untuk satu perusahaan ini, maka Anda tidak akan bersosialisasi dengan karyawan perusahaan satunya lagi. 

 

Menikah melintasi garis musuh benar-benar bertele-tele. Anda hanya berbelanja di toko-toko di sisi sungai yang sama dengan pabrik tempat Anda bekerja.

Seiring waktu, Adidas jauh melampaui Puma dalam penjualan, berkat kreativitas dan kecerdasan teknis Adi, meskipun Puma masih cukup baik. 

Karena  keduanya bekerja keras untuk bersaing satu sama lain, mereka menjadi tidak memperhatikan ada perusahaan sepatu lain — Nike — yang diam-diam mendapatkan pangsa pasar. 

Saat ini, Nike adalah raja bisnis sepatu olahraga, dengan penjualan tahun 2017 sebesar US$21 miliar dibandingkan dengan Adidas US$10,36 miliar dan Puma US$2,4 miliar.

Kedua saudara ini kemudian memang berbicara satu sama lain setelah itu=, tetapi mereka tidak pernah berdamai. Keduanya meninggal pada 1970-an, dan dimakamkan di ujung yang berlawanan dari pemakaman lokal. 

Perseteruan mereka akhirnya berakhir pada tahun 2009, ketika karyawan kedua perusahaan bermain bersama dalam pertandingan sepak bola persahabatan.