Bantul

Akibat Hujan Deras, Longsor Menimpa Kandang Sapi di Bantul

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Hujan yang berlangsung terus menerus mengakibatkan tanah longsor dan menimpa dua kandang sapi di Kajor Wetan RT 5, Kalurahan Selopamioro,
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Hujan yang berlangsung terus menerus mengakibatkan tanah longsor dan menimpa dua kandang sapi di Kajor Wetan RT 5, Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri pada Kamis (13/4/2023) dini hari sekira pukul 00.00 Wib. Satu ekor sapi dilaporkan mati akibat tertimbun tanah longsoran.

Komandan SAR DIY Distrik Bantul Bondan Supriyanto menjelaskan, kandang sapi yang tertimbun longsor itu milik warga bernama Kirjo, 58.

Insiden longsor berlangsung begitu cepat saat hujan dengan intensitas deras menimpa wilayah setempat. Kirjo disebut mendengar suara gemuruh sekitar pukul 00.00 Wib lantas lari menyelamatkan diri dan keluarganya.

"Longsor diakibatkan parit irigasi untuk lahan pertanian ambrol sehingga tanah tidak ada penahan. Tebing tepat di samping rumah setinggi kurang lebih 13 meter dan jarak dari rumah 3 meter," kata Bondan.

Longsor yang menimpa kandang sapi itu menyebabkan sapi mati. Warga kemudian berinisiatif melakukan evakuasi ala kadarnya dengan menguburkan sapi yang mati itu.

Diperkirakan kerugian yang dialami korban mencapai Rp23 juta. Sekarang petugas gabungan dari unsur SAR, TNI, relawan dan warga setempat tengah melakukan evakuasi di lokasi tersebut.

 

"Sekarang kami tengah berkoordinasi dengan BPBD Bantul untuk permintaan bantuan terpal supaya ditutup dan mencegah longsor susulan," katanya. (Anz)