Bantul

Amankan Perayaan Malam 1 Suro, Polres Bantul Terjunkan Ratusan Personel

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Dalam mengamankan malam perayaan pergantian tahun baru Islam 1445 H, 1 Muharam atau 1 Suro, Polres Bantul menerjunkan ratusan personel.“P
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Dalam mengamankan malam perayaan pergantian tahun baru Islam 1445 H, 1 Muharam atau 1 Suro, Polres Bantul menerjunkan ratusan personel.

“Pengamanan malam 1 Suro ini, kita mempersiapkan pengamanan kurang lebih 545 personel,” tutur Kapolres Bantul, AKBP Michael R. Risakotta, Selasa (18/7/2023).

Dia mengungkapkan untuk kegiatan malam 1 Suro, Polres Bantul akan melakukan pengamanan dibeberapa lokasi, seperti wilayah pantai selatan serta penggal-penggal jalan untuk mencegah terjadinya kemacetan.

“Dari pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya untuk kegiatan ritual malam 1 Suro di wilayah Kabupaten Bantul berlangsung aman. Meski demikian di tahun ini, kami dari Polres Bantul tetapakan melakukan pengamanan baik terbuka maupun tertutup, serta patroli secara mobiling,” ungkapnya.

Sebagian masyarakat di Kabupaten Bantul akan mengadakan kegiatan ritual malam 1 Suro. Karena ritual malam 1 Suro merupakan salah satu budaya setiap tahunnya oleh masyarakat Kabupaten Bantul bagi yang melaksanakannya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, Polres Bantul juga akan melibatkan dari Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Kodim 0729/Bantul dan stakeholder lainnya.

“Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Bantul agar aman dan kondusif,” kata dia.

Untuk kegiatan malam 1 Suro, Kapolres Bantul bersama Waka Polres Bantul akan turun langsung melakukan patroli memantau kegiatan ke tempat dilaksanakannya ritual malam 1 Suro.

“Untuk di wilayah Kabupaten Bantul ada kegiatan ritual malam 1 Suro dan saya bersama Waka akan turun langsung melakukan patroli memantau kegiatan tersebut,” jelas dia.

Ia juga mengimbau, untuk malam 1 Suro tidak ada konvoi maupun arak-arakan. Masyarakat yang ingin merayakan malam 1 Suro untuk melaksanakan di rumah ataupun tempat-tempat ibadah.

 

“Semua kegiatan 1 Suro agar tidak mengganggu ketertiban umum. Kalau ada yang melanggar akan kita tindak sesuai aturan,” tandasnya. (Anz)