Budaya

Anyaman Daun Pandan Oleh-Oleh Khas Desa Wisata Ngestirejo

  • WONOSARI, Jogjaaja.com - Cornellia & Co PR Marketing Agency melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dengan Desa Wisata Ngestirejo Kecamatan
Budaya
Ties

Ties

Author

WONOSARI, Jogjaaja.com - Cornellia & Co PR Marketing Agency melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dengan Desa Wisata Ngestirejo Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul setelah berhasil mengantarkan Desa Wisata Tepus Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia pada sekitar Februari – Mei 2022 yang lalu.

Kegiatan CSR di Desa Wisata Ngestirejo yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus hingga 30 Oktober ini bertajuk “Ngelmu sareng Ngestirejo” karena akan banyak keunikan Desa Wisata ini yang akan disebarluaskan ke masyarakat Gunungkidul dan Yogyakarta pada khususnya, serta Indonesia dan masyarakat internasional pada umumnya.

Agung Nugroho selaku ketua pengelola Desa wisata Ngestirejo menyampaikan  bahwa pantai Krakal sebagai salah satu destinasi wisata yang ada merupakan salah satu pantai tertua dan terpopuler di Gunung Kidul. Pesona pasir putih dengan bebatuan karang yang indah di sepanjang pantai menjadi daya tarik tersendiri.

"Biota laut yang sangat mudah ditemui membuat pantai ini digemari wisatawan untuk datang tak hanya untuk berwisata pantai namun juga wisata edukasi. Disebelahnya ada pantai Slili yang merupakan pantai ramah anak yang menjadi pilihan tepat untuk berwisata mengajak keluarga," kata Agung Nugroho.

 

Agung Nugroho menjelaskan Desa Wisata Ngestirejo juga memiliki paket wisata Wellness Tourism , harga yang ditawarkan mulai dari Rp245.000.

Atraksi wisata yang ditawarkan sangat beragam diantaranya adalah snorkling bersentuhan langsung dengan ikan Nemo, kemudian bermain kano, berkeliling tempat wisata dengan jeep, menginap di resort/gesthouse milik desa wisata Ngestirejo hingga mencicipi hidangan nikmat khas Desa wisata Ngestirejo.

Tidak tanggung-tanggung Desa Wisata Ngestirejo juga memiliki souvenir sebagai kenang-kenangan yang ditawarkan kepada wisatawan berbahan dasar pandan laut hasil panen di pesisir pantai Krakal dan sekitar berupa anyaman dan beragam produk turunannya seperti tas, placemate dll.

Untuk mengawali kegiatan CSR Cornellia & Co PR Marketing Agency yang kali ini menggandeng BPD DIY Wonosari, digelar acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama bertempat di Galeri II Desa Wisata Ngestirejo Gunung Kidul pada hari Senin 1 Agustus 2022.

Kegiatan dihadiri oleh Arif Wijayanto selaku pimpinan Bank BPD DIY Cabang Wonosari dan Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Mohammad Arif Aldian serta beberapa tokoh masyarakat Desa Wisata Ngestirejo.

Adapun support kegiatan yang akan dilakukan dalam kegiatan CSR ini diantaranya adalah pembinaan terhadap pelaku wisata yang ada di Desa Wisata; menyusun, mengatur dan menyelenggarakan kegiatan Marketing Communications; Dokumentasi Foto dan Video kegiatan pariwisata dan potensi wisata di desa wisata Ngestirejo. 

Termasuk Support tools penunjang pariwisata desa wisata Ngestirejo seperti seragam untuk kegiatan atraksi wisata; Support digitalisasi desa wisata Ngestirejo  (pembayaran/ transaksi) melalui kerjasama dengan BPD DIY Wonosari.

Mengikuti perkembangan yang serba digital termasuk dibidang perbankan,  BPD DIY Cabang Wonosari turut memfasilitasi wisatawan yang hendak bertransaksi di Desa Wisata Ngestirejo seperti halnya dengan pembayaran retribusi memasuki area tempat wisata yang dapat didukung dengan QRIS BPD DIY.

Selanjutnya,  membeli oleh-oleh, kuliner hingga bayar parkir di desa wisata Ngestirejo. (*)