Jogja

Atlet Junior Panjat Tebing DIY Mendulang Enam Medali Emas Piala Menpora

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Atlet junior panjat tebing asal Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) berhasil mengoleksi enam medali emas dari sepuluh medali emas yang dipere
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Atlet junior panjat tebing asal Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) berhasil mengoleksi enam medali emas dari sepuluh medali emas yang diperebutkan dalam ajang Lestarikan Panjat Tebing Piala Menpora RI 2023 di Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 15-17 Desember 2023 lalu.

Enam medali emas tersebut dipersembahkan para atlet junior yang berasal dari tiga klub berbeda di DIY. Yakni Climania dari Bantul, Nusantara Sport Climbing (NFC), dan Ook Boulder Gym.Pada ajang tersebut, Klub Climania berhasil mengoleksi tiga emas, NFC berhasil membawa dua emas, dan Ook Boulder Gym berhasil merebut satu emas.

Enam medali emas tersebut berhasil disabet dari nomor lead youth B putra oleh Ataya Khoirul Anas dari Climania, lead youth B putri oleh Naura Jinan yang juga dari Climania, dan Naura Jihan yang juga mempersembahkan emas dari nomor speed youth B putri.

Medali emas lainnya dipersembahkan Abdillah Nabihan Tajusa dari di nomor speed youth B putra, Grandisa Nurielova Jasmine dari Nusantara Sport Climbing (NFC) di nomor speed youth D putri, dan Ura Zulaikha Salas Anggraeni dari NSC di nomor speed youth C putri.

Ajang Lestarikan Panjat Tebing Piala Menpora RI 2023 ini diikuti sebanyak 384 atlet dari 117 yang berasal dari 11 provinsi di Indonesia. Seperti Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Selatan, hingga Kalimantan Selatan.

Dalam ajang tersebut, untuk nomor yang dilombakan yakni lead dan speed klasik. Namun ada beberapa kategori usia di setiap nomornya. Seperti untuk nomor lead terdapat kategori lead youth A dan lead youth B putra dan putri. Sementara speed klasik, ada kategori speed klasik under 10 tahun, youthA, youth B, youth C, dan youth D baik putra maupun putri.

Atas perolehan tersebut, Pelatih Puslatda Panjat Tebing DIY Fitriyani mengatakan enam medali yang berhasil diperoleh para atlet junior DIJ ini termasuk sebuah pencapaian yang sangat bagus. Sebab di ajang tersebut bisa dikatakan para atlet DIJ bisa memperoleh 60 persen sendiri dari medali emas yang direbutkan di ajang tersebut.

"Kalau biasanya di Kejurnas kelompok umur nasional itu DIY ada di peringkat dua setelah Jatim. Tapi Alhamdullilah yang kemarin ini kami dapat enam emas itu akumulasi," ujarnya Kamis (28/12/2023).

Dan dari perolehan tersebut, menurut perempuan yang juga menjadi Kepala Pelatih di Klub Nusantara Sport Climbing (NSC) ini secara pencapaian saat ini DIY bisa dikatakan meningkat.

"Saat ini para atlet panjat tebing DIY baik itu yang senior maupun junior sedang bergerak menuju ke DIY yang lebih berprestasi," katanya.

Sebagai pelatih, Fitriya juga berpesan kepada para atlet juniora panjat tebing DIY ini agar terus semangat dalam berlatih. Sebab, ia menargetkan DIY bisa menjadi juara umum.

"Saya harap atlet-atlet panjat tebing junior ini agar tetap semangat membawa nama baik Jogja," ucapnya.

Sementara, Ketua harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DIY, Amar Syah juga mengapresiasi kepada klub-klub panjat tebing dari DIY yang sudah memberikan kontribusi besar kepada FPTI DIY. Karena menurutnya klub-klub tersebut menjadi penyumbang terbesar dari atlet-atlet di DIY.

"Semoga pembinaan di klub-klub itu bisa terus berlanjut. Dan selanjutnya atlet-atlet muda yang berpotensial ini bisa menjadi bagian dari atlet DIY yang bisa membawa nama DIY ke kancah Nasional maupun Internasional," jelas Amar.

Terlebih, Amar juga mengaku akan melakukan penjaringan terhadap para atelt-atlet panjat tebing junior tersebut. Sebab ke depan masih akan ada banyak event yang diikuti oleh FPTI DIY.

"Ke depannya kami akan menjaring untuk kejuaraan-kejuaraan junior. Baik itu di Kejurnas kelompok umur maupun di Pekan Olahraga Pelajar Nasional," tandasnya. (Anz)