Karyawan beraktivitas dengan latar layar monitor pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, 8 September 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Ekonomi, Fintech & UMKM

Bagi Investor Dividen, Berikut Daftar Emiten Saham yang Layak Koleksi di 2023

  • Tahun 2023 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi investor yang mengincar dividen saham. Hal ini dilandasi dari tren positif pembagian dividen secara tahunan, ditambah pertumbuhan kinerja sejumlah emiten di Tanah Air.
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

JAKARTA – Tahun 2023 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi investor yang mengincar dividen saham. Hal ini dilandasi dari tren positif pembagian dividen secara tahunan, ditambah pertumbuhan kinerja sejumlah emiten di Tanah Air.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Handiman Soetoyo dalam laporannya menyatakan bahwa pembayaran dividen tahun 2022 dari sejumlah emiten mengalami perbaikan dari tahun 2021 yang kelam.

Pada tahun lalu, total dividen yang dibayarkan oleh perusahaan tercatat mencapai Rp226 triliun, atau melonjak 57,9% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp143,1 triliun pada tahun sebelumnya. 

Adapun imbal hasil dividen Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2022 tercatat sebesar 2,5%, naik dari 1,9% pada 2021. Secara keseluruhan, ini sesuai dengan proyeksi, di mana 26 dari 28 saham mencapai ekspektasinya dengan rata-rata imbal hasil sebesar 10,5%.

Dari segi imbal hasil juga telah melewati estimasi Mirae Asset pada posisi 8,9%, di mana rerata imbal hasil yang terealisasi sebesar 10,5%. Handiman memastikan adanya peningkatan kinerja yang signifikan pada sektor energi dan keuangan.

“Jika Anda mencari imbal hasil dividen yang sangat tinggi, jangan mencari di tempat lain selain sektor energi, terutama pada tahun ini,” ujarnya melalui riset yang diterima TrenAsia.com, Rabu, 18 Januari 2023.

Berikut ini adalah rekomendasi atau pilihan saham dari Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang dibagi dalam tiga kategori:

Pilihan Saham Musim Dividen

ADMF, ADRO, ARNA, ASDM, ASII, AUTO, BBRI, BJBR, BJTM, BLUE, BMRI, BNGA, BSSR, CEKA, CLPI, DLTA, DMAS, DRMA, DSNG, ELSA, EPMT, PERMATA, GGRM, HEXA, HMSP, HRTA, INDY, IPCC, IPCM, ITMG, KKGI, LPPF, LTLS, MARK, MBAP, MEDC, MERK, MFIN, MPMX, NRCA, PANS, PBID, PGAS , POWR, PTBA, SMAR, SMSM, SPTO, TAPG, TLKM, TOTL, TOTO, TUGU, dan UNTR.

Pilihan Saham Growth Stock

ACES, ADMF, AKRA, ARNA, ASGR, BBCA, BBRI, BJBR, BJTM, BMRI, BNGA, CLPI, DLTA, DVLA, EKAD, FISH, ICBP, IFII, INDF, KLBF, LPGI, MEGA, MERK, MFIN, MTDL, MYOR, PBID, POWR, PRDA, SCCO, SIDO, SMSM, TGKA, TLKM, TSPC, dan TOWR.

 

Pilihan Saham Dividend Yield Tinggi

ADRO, BSSR, GEMS, HEXA, ITMG, MBAP, MPMX, NRCA, PTBA, TOTL, dan UNTR.