Jogja

Bakal Direvitalisasi, Pasar Sentul Telan Anggaran Senilai Rp 28,4 Miliar

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta berencana untuk merevitalisasi pasar Sentul yang berada di kawasan cagar budaya Pakualaman dengan anggaran dana
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta berencana untuk merevitalisasi pasar Sentul yang berada di kawasan cagar budaya Pakualaman dengan anggaran dana keistimewaan senilai Rp24,8 miliar. Sekarang proses revitalisasi masuk ke tahap lelang untuk pembangunan tempat penampungan pedagang sementara di area Pandeyan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Ambar Ismuwardani menjelaskan, proses revitalisasi nantinya akan dilakukan oleh DPUPKP setempat. Rencananya pada Februari dan Maret mendatang akan dilakukan sosialisasi kepada pedagang. "Setelah sosialisasi rencana kita akan relokasi pedagang sementara ke Jalan Batikan sehingga pengerjaan fisik busa dimulai dan ditargetkan selesai pada Desember mendatang," kata Ambar, Senin (16/1/2023).

Menurut Ambar anggaran yang digunakan untuk pengerjaan revitalisasi itu berasal dari dana keistimewaan 2022 ini. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan badan pengelola cagar budaya berkaitan dengan aktivitas revitalisasi karena kawasan tersebut masuk ke dalam area cagar budaya.

"Rencananya nanti arsitektur bergaya Indische pada bagian fasad. Kita akan koordinasi dengan DPUPKP untuk pengerjaan proses rancangan awalnya," kata dia.

Sekarang total ada sebanyak 529 pedagang yang beraktivitas di lokasi itu. Pengerjaan revitalisasi juga bertujuan untuk menata visual pasar agar lebih cantik ke depannya. Rencananya Pasar Sentul akan dibuat dua lantai dari yang sekarang satu lantai.  "Akan ada rooftop juga nanti untuk pedagang yang dari area Lapangan Sewandanan Pakualaman," pungkas dia. (Anz)