Bantul

Bangun Nasionalisme, Kadet Mahasiswa Universitas Pertahanan RI Kunjungi Muspusdirla

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Sebanyak 600 Kadet Mahasiswa D-3 Politeknik Ben Mboi Universitas Pertahanan RI Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT) mengunjungi Museu
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Sebanyak 600 Kadet Mahasiswa D-3 Politeknik Ben Mboi Universitas Pertahanan RI Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT) mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Logistik Militer Unversitas Pertahanan RI, Marsma TNI Dr. Drs. Tatar Bonar Silitonga, M.Si., itu diterima Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho.

"Selamat datang di Muspusdirla. Walaupun kunjungannya dilaksanakan malam hari, justru menjadi bukti kesungguhan para Kadet Mahasiswa Unhan untuk mengetahui lebih dalam sejarah TNI AU dan koleksi Muspusdirla," seloroh Kolonel Yuto saat memberikan sambutan di Ruang Utama Muspusdirla, Selasa (17/10/2023).

Kolonel Yuto menegaskan, kunjungan ke museum merupakan salah satu cara membangun nasionalisme. Hal ini tidak terlepas dari peran museum dengan berbagai koleksinya, yang dapat menjadi media yang bisa mengkomunikasikan perjuangan dan ketangguhan para pendahulu bangsa kepada pengunjung.

Ia pun menilai kunjungan para kadet mahasiswa ke Muspusdirla merupakan langkah yang tepat karena selain bisa menambah pengetahuan tentang sejarah TNI Angkatan Udara juga menjadi sarana dalam membangun nasionalisme generasi muda.

Muspusdirla tambah Kolonel Yuto memiliki ribuan koleksi, yang mana masing-masing koleksi mempunyai cerita yang membanggakan. "Melalui cerita dari tiap-tiap koleksi, diharapkan bisa meningkatkan rasa cinta dan bangga genererasi muda kepada bangsa dan negara," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga berbagi cerita tentang operasi udara yang dilaksanakan Angkatan Udara pada awal Indonesia merdeka. Diceritakannya   operasi udara yang dilancarkan pada tanggal 29 Juli 1947 oleh para kadet penerbang saat itu, menjadi satu bukti bagaimana para pendahulu TNI AU, generasi mudanya memiliki sifat rela berkorban, bertaruh jiwa dan raga untuk mempertahankan kemerdekaan negara yang dicintainya.

"Serap cerita-cerita yang membanggakan itu. Jadikan teladan dan bekal dalam menuntut ilmu untuk mewujudkan cita-cita," tegas Kolonel Yuto.

Marsma TNI Dr. Tatar Bonar mempunyai alasan mengajak rombongan Kadet Mahasiswa D-3 Unhan mengunjungi Muspusdirla. Ia mengungkapkan, kunjungan di Muspusdirla merupakan hal yang penting. Karena merupakan upaya lembaga untuk menambah pengetahuan dan pemahaman sejarah perjuangan bangsa, khususnya sejarah dan peran Angkatan Udara Republik Indonesia kepada Kadet Mahasiswa D-3 Unhan.

Diharapkannya pula melalui kunjungan di Muspusdirla dapat meningkatkan wawasan para kadet mahasiswa sehingga menjadi generasi yang bersemangat dalam belajar dan ulet dalam bekerja kelak.

Marsma TNI Dr. Tatar Bonar menambahkan, sebelum mengunjungi Muspusdirla, para Kadet Mahasiswa D-3 Unhan terlebih dahulu  ziarah di makam Brigadir Jenderal Anumerta Slamet Riyadi di TMP Kusuma Bhakti, Surakarta. Rombongan juga berkunjung di Universitas Sebelas Maret.

Selama di Muspusdirla, rombongan berkeliling melihat aneka koleksi yang dipamerkan. Rombongan juga diberi kesempatan melihat film atraksi udara Jupiter Aerobatic Team di Mini Teater Muspusdirla.

"Mohon maaf, rombongan berkunjung ke Muspusdirla malam hari setelah seharian kunjungan di Surakarta. Namun ini merupakan wujud kesungguhan Kadet Mahasiswa D-3 Unhan  untuk bisa menyerap semangat perjuangan para pendahulu TNI AU," ucap Marsma TNI Dr. Tatar Bonar saat pamitan. (ANZ)