<p>Suasana pelayanan nasabah di Kantor Pusat Bank Bukopin di Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Jumat, 3 Juni 2020. Pemegang saham terbesar kedua PT Bank Bukopin Tbk. , KB Kookmin Bank berencana menjadi pemegang saham mayoritas dengan membidik 51% saham perseroan. Untuk bisa mengenggam 51 persen saham, Kookmin Bank akan meningkatkan porsi dari 22 persen ke 26 persen dalam Penawaran Umum Terbatas (PUT) V Bank Bukopin tahun ini. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Ekonomi, Fintech & UMKM

Bank Bukopin Disuntik Dana Segar Rp3 Triliun

  • PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) telah menerima pinjaman subordinasi dari Kookmin Bank Hong Kong Branch (KBHK) dengan nilai pinjaman sebesar Rp3 triliun
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

JAKARTA - Emiten perbankan PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) telah menerima pinjaman subordinasi dari Kookmin Bank Hong Kong Branch (KBHK) dengan nilai pinjaman sebesar Rp3 triliun.

Manajemen perseroan mengungkapkan, transaksi yang direalisasikan pada 30 Juni 2022 tersebut telah ditandatangani pada 29 Juni 2022, dengan jangka waktu selama 7 tahun.

Sementara itu, transaksi tersebut sebagai langkah strategis yang dilakukan perseroan dalam memenuhi dan meningkatkan serta memperkuat modal pelengkap (Tier II) Bank Bukopin.

Adapun transaksi ini akan berpengaruh terhadap selisih kenaikan rasio KPMM aktual sebesar 5,31%. Kemudian selisih kenaikan Rasio LCR sebesar 38,76% dan selisih kenaikan rasio NSFR sebesar 5,77%.

Transaksi ini termasuk dalam transaksi afiliasi, karena KBHK merupakan pemegang sahanm pengendali Bank Bukopin dengan kepemilikan saham per Mei 2022 mencapai 67%.

Selain itu, transaksi ini termasuk dalam transaksi material karena telah melebihi batas 20% dari kapasitas perseroan dengan nilai Rp13,20 triliun dan batas Rp2,64 triliun.

Sebagai informasi, saham BBKP pada perdagangan Senin, 4 Juli 2022 tercatat mengalami pelemahan 3,87% setara dengan menurun 7 poin penurunan ke harga Rp174 per saham.