Ekonomi, Fintech & UMKM

Berikut Menu yang Disajikan Bagi Tamu Resepsi Dhaup Ageng Pakualaman

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Para tamu undangan Pahargyan (resepsi) Dhaup Ageng Pakualaman disajikan menu-menu yang beragam. Tak hanya menu khas Pakualaman, namun juga
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Para tamu undangan Pahargyan (resepsi) Dhaup Ageng Pakualaman disajikan menu-menu yang beragam. Tak hanya menu khas Pakualaman, namun juga ada menu dari luar negeri.

Ketua Bidang Adat dan Akomodasi Dhaup Ageng, KRT Radyo Wisroyo menjelaskan pada Pahargyan pertama ini, para tamu akan dipersilahkan untuk duduk dan menikmati sajian tari-tarian.

Sajian makanan yang disajikan akan diantarkan ke masing-masing tamu oleh para Abdi Dalem. Lantaran acara yang akan berlangsung cukup lama, menu akan dikeluarkan secara bertahap.

Pertama, saat tamu baru tiba di Pura Pakualaman, lebih dulu akan disuguhi dua jenis welcome drink.

"Bisa menikmati unjukan (minuman) sereh lime atau sereh dengan jeruk nipis, atau jahe dengan jeruk nipis," jelas KRT Radyo Wisroyo kepada wartawan, Rabu (10/1/2024).

Selanjutnya, setelah para tamu tiba di meja masing-masing, akan dibuka dengan hidangan pembuka berupa kudapan dan minuman. Ada beberapa kudapan yang disiapkan seperti kroket dan lain sebagainya. Namun ada satu snack yang cukup spesial.

"Yang disuguhkan adalah minuman khas yang dihidangkan dari dulu adalah Setup Jambu," jelas Kanjeng Radyo.

"Namanya Garulina, ini bukan makanan Jawa sebetulnya. Semacam lapis legit namun ada yang berbeda, ada lapisan khusus semacam fla," imbuhnya.

Masuk ke menu utama, ada beberapa menu yang disajikan dalam menu utama ini. Pertama ada nasi daun jeruk atau disebut Sekul Ijem.

"Dipadukan dengan hidangan Mangut, namun Mangut yang kita sajikan berbahan ikan Salmon," bebernya.

Bukan hanya Salmon yang menjadi protein dalam hidangan utama ini, namun juga ada Bebek Asap. Serta untuk sayurannya, akan disuguhkan beberapa tumisan sayur.

"Nanti apabila (bebek asap) dimakan bersama Mangutnya itu juga tidak bertabrakan," imbuhnya.

Tak berhenti di situ, ada satu hidangan utama lagi yang akan disajikan. Hidangan ini cukup spesial karena sajian ini ada hidangan makan siang sehari-hari Adipati Pakualaman kedelapan, KGPAA Paku Alam VIII.

"Yaitu Uter-uter Tahu, yang dimasak dengan santan, namun santan itu ada kocokan telur, kemudian ada potongan cabai," jelas Kanjeng Radyo.

Rangkaian jamuan makan siang akan ditutup dengan dua hidangan penutup. Pertama ada Es Buah berisi berbagai macam buah-buahan.

"Untuk tamu-tamu VVIP kita menyediakan semacam puding, namanya puding ketan ijo. Kita padukan dengan es krim," tutupnya. (Anz)