Anggota salah satu karta di depan gapura yang diperbaiki dalam program Ramadhan Heppiii.
Inspirasi Komunitas

Berkat Ramadhan Heppiii, Karta di Banyuwangi Miliki Lapangan Voli dan Tenda Sendiri

  • Program Ramadhan Heppiii dengan tema 'Bersama Melakukan Kebaikan' tuntas dilaksanakan di Banyuwangi, Jawa Timur. Ada berbagai kegiatan dalam Ramadhan Heppiii di wilayah paling timur Pulau Jawa ini, diantaranya renovasi musala, masjid, serta fasilitas umum. Selain itu, juga renovasi lapangan voli dan pengadaan tenda untuk hajatan warga.
Inspirasi Komunitas
Tyo S

Tyo S

Author

BANYUWANGI, Jogjaaja.com – Program Ramadhan Heppiii dengan tema 'Bersama Melakukan Kebaikan' tuntas dilaksanakan di Banyuwangi, Jawa Timur. Ada berbagai kegiatan dalam Ramadhan Heppiii di wilayah paling timur Pulau Jawa ini, diantaranya renovasi musala, masjid, serta fasilitas umum. Selain itu, juga renovasi lapangan voli dan pengadaan tenda untuk hajatan warga.

Acara Ramadhan Heppiii dilaksanakan oleh 10 karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Banyuwangi sejak pertengahan puasa hingga akhir Ramadhan. Pada tahun 2022 ini, kegiatan Ramadhan Heppiii kembali dimanfaatkan untuk memperbaiki fasilitas umum yang berada di sana.

"Fasilitas tersebut meliputi gapura dan juga penerangan jalan umum (PJU), tenda atau terop untuk hajatan, kemudian ada juga renovasi pos kamling dan juga perbaikan lapangan voli," kata Koordinator program Heppiii Ramadhan Deny Sugiarto, Sabtu (14/5/2022).

Rinciannya, kata dia, untuk Karta Komunitas Peduli Kandangan (KPK) dari Desa Kandangan Banyuwangi memilih memperbaiki lapangan voli. Ini karena warga desa tersebut sering berlatih voli namun tidak ada fasilitas di desanya. Selama ini, warga setempat harus main ke desa tetangga untuk berlatih voli. Namun dengan adanya Ramadhan Heppiii warga desa tersebut dapat memiliki lapangan voli sendiri.

"Ada juga perbaikan pos kamling yang dilakukan di beberapa tempat oleh Remaja Masjid di Desa Kendal Rejo, Karta Tunas Muda dari Desa Purwodadi, dan juga Karta Macan Putih dari Desa Macan Putih. Pemilihan Pos Kamling karena merupakan sarana utama untuk desa, dan juga dikarenakan pandemi fasilitas tersebut kurang terawat, oleh karena itu teman-teman berinisiatif menggunakan kegiatan ini untuk merenovasi pos kamling," ungkapnya.

Di desa yang lain ada juga karta yang memilih untuk pengadaan tenda, seperti di Desa Karangdoro. Selama ini, tenda digunakan untuk kebutuhan warga saat hajatan dan juga untuk acara-acara yang melibatkan massa desa cukup banyak.

"Sisanya desa lain ada yang memperbaiki gapura, PJU, perbaikan mushola juga. Kegiatan ini dilakukan Ikatan Pemuda Kramat dari Desa Genteng Kulon, Formik Baitul Ikhlas dari Desa Bulusari, Karta Segobang dari Desa Segobang, Pemuda Telemung dari Desa Telemung serta Karta Mekarsari dari Desa Sumbersari," ungkapnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Karta Heppiii Community Banyuwangi karena telah melaksanakan kegiatan yang memberi manfaat besar kepada masyarakat. Harapannya, tahun berikutnya bisa menggelar kegiatan serupa dengan memberikan nilai manfaat lebih besar lagi.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Ramadhan Heppiii yang digelar serentak di 14 kabupaten kota di Jawa Timur. Program milik Karta Heppiii Community ini mengambil momen puasa dan lebaran untuk menggelar kegiatan sosial dengan tema 'Bersama Melakukan Kebaikan'. 

Selain fokus ke perbaikan fasilitas umum dan tempat ibadah, dalam program ini juga ada pemberian paket sembako kepada warga desa yang membutuhkan. (*)