Gunungkidul

Bermain di Sungai Oya, Bocah 13 Tahun Tenggelam

  • WONOSARI, Jogjaaja.com Niat bermain bersama 6 temannya di Sungai Oya, Sidorejo, Kelurahan  Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul, Muhammad Taufik Ariyanto (1
Gunungkidul
Leon

Leon

Author

WONOSARI, Jogjaaja.com Niat bermain bersama 6 temannya di Sungai Oya, Sidorejo, Kelurahan  Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul, Muhammad Taufik Ariyanto (13th/lakis) warga Sidorejo RT 5 RW 5, Karangtengah, Wonosari tenggelam di Sungai Oya pada Jumat 929/3/2024).

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi mengatakan, petugas siaga menerima laporan bahwa telah terjadi kondisi membahayakan manusia 1 orang anak tenggelam di Sungai Oya tepatnya di Sidorejo, Kelurahan Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul.

"Kronologi yang kami terima pada hari Jumat, 29 Maret 2024, terdapat 6 orang anak bermain di tepi Sungai Oya, kemudian sekitar pukul 08.00 WIB salah satu diantaranya terpeleset dan tenggelam di Sungai Oya, hingga saat ini belum di ketemukan," jatanya.

Mendapat laporan tersebut Kantor Basarnas Yogyakarta memberangkatkan 1 Tim Rescue dari Pos Basarnas Gunungkidul yang di lengkapi dengan peralatan water Rescue. Tim Rescue Pos Basarnas Gunungkidul langsung menuju Lokasi dan sesampainya di lokasi langsung berkoordinasi dengan Tim SAR Gabungan yang sudah berada di lokasi.

"Pos Basarnas Gunungkidul setelah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait langsung melaksanakan briefing untuk membagi SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan Pencarian," jelasnya.

Rencana operasi hari ini/hari 1 Tim SAR Gabungan di bagi menjadi 3 SRU. SRU 1 akan melaksanakan penyisiran menyusuri sungai  dengan perahu karet radius 500 meter dari lokasi kejadian, SRU 2 akan melaksanakan pencarian visual dengan  penyisiran tepian sungai dengan Aqua eye/pendeteksi korban di dalam air sejauh 500 m dari lokasi kejadian.

"Sedangkan untuk SRU 3 akan melaksanakan pemantauan dari udara dengan drone thermal sejauh 500 meter," imbuhnya.

Selain itu Tim SAR Gabungan juga akan melaksanakan body rafting, namun untuk body rafting akan melihat situasi dilapangan untuk debit Sungai Oya. Tim SAR Gabungan yang di terjunkan kurang lebih berjumlah 50 Personil dari semua instansi dan organisasi Masyarakat.

 

"Pencarian hari ini akan kami maksimalkan dan semoga cuaca juga mendukung. Himbauan kami untuk masyarakat untuk selalu berhati-hati ketika bermain di sungai," pungkasnya. (*)