Home

Bidik 15 Emas dan Masuk 10 Besar di Peparnas Papua, Wagub DIJ : Hamemayu Hayuning Bawono

  • JOGJA, Jogjaaja.com - Wakil Gubernur DIJ KGPAA Paku Alam X,  membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang berisi dukungan dan kekuata
Home
Ties

Ties

Author

JOGJA, Jogjaaja.com - Wakil Gubernur DIJ KGPAA Paku Alam X,  membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang berisi dukungan dan kekuatan persatuan kepada para atlet paralimpiade dalam berkompetisi mewakili DIY di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Jogyakarta pada Selasa (26/10) dalam rangka pelepasan kontingen PEPARNAS XVI Papua 2021

Diawali dengan sambutan dari Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) DIY, Hariyanto, kontingen Peparnas DIY yang akan diberangkatkan pada tanggal 2 November 2021 hingga 15 November 2021 mendatang ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD DIJ,  Wakil Kepala Polda DIJ, Kepala Disdikpora DIJ, dan Wakil Ketua I KONI DIJ

Dalam sambutannya Gubernur DIJ menyampaikan, hal utama dalam berkompetisi olahraga bukan saja hanya untuk kemenangan, akan tetapi niat berpartisipasi dan jalinan persahabatan yang memiliki peran penting. Seperti falsafah Jawa, yaitu “Hamemayu Hayuning Bawono”, dalam hal ini menjaga persatuan untuk kehidupan sejahtera.

“Hal terpenting dalam kompetisi olahraga bukan semata kemenangan, tetapi pada niat berpartisipasi dan terjalinnya persahabatan. Sama halnya dengan hidup, hidup bukanlah untuk saling menaklukkan, tetapi untuk menjalin kebersamaan dalam menuju tatanan hidup yang sejahtera. Hal itu disampaikan oleh Pierre de Coubertin tahun 1894, tepat sekali yang disampaikan oleh Coubertin, terutama ketika menggambarkan tujuan sebuah kompetisi olahraga dalam rangka meningkatkan marwah kemanusiaan,” ujar Sri Paduka.

Ketua Umum NPC DIJ Hariyanto menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan para atlet disabilitas untuk mempersiapkan diri mengikuti Peparnas XVI 2021 pada Wakil Gubernur DIY. Pada tahap pertama telah dilaksanakan prakualifikasi yaitu penjaringan untuk mendapatkan atlet-atlet terbaik telah diseleksi sejak tahun 2019 dan telah terpilih atlet-atlet yang berprestasi di Kejuaraan Daerah, Pekan Paralimpik Nasional, Kejuaraan Nasional, Asian Para Games dan ASEAN Para Games.

Selanjutnya, dilaksanakan Pelatda (pemusatan Latihan Daerah) dengan sistem promosi dan degradasi yang berlangsung dari tahun 2019 hingga 2021. Seluruh atlet yang akan bertanding telah memperoleh vaksin hingga dosis kedua dan menjalani pemeriksaan kesehatan. Selain itu, para atlet juga akan melaksanakan tes PCR sebelum keberangkatan dan setelah kepulangan nanti dari Papua.

Tim dari DIYJsendiri akan diperkuat oleh sebanyak 87 atlet yang terdiri dari 4 klasifikasi disabilitas, yaitu disabilitas daksa 62 atlet, disabilitas tuna rungu wicara 8 atlet, disabilitas tuna grahita 4 atlet, dan disabilitas netra 12 atlet. Pada Peparnas XVI 2021 ini, DIY akan mengikuti 8 cabang olahraga dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan, di antaranya adalah angkat berat 10 atlet, atletik 14 atlet, bulutangkis 11 atlet, catur 4 atlet, panahan 19 atlet, tenis meja 15 atlet, dan tenis kursi roda 12 atlet.

Selain itu, sebanyak 73 official juga akan turut mengikuti kegiatan ini yang terdiri dari pelatih 22 orang, pendamping 11 orang, kesehatan 6 orang, keamanan 15 orang, media 3 orang, dan pendamping kontingen sebanyak 9 orang.

Hariyanto berharap agar pada Peparnas ini DIY mampu mempertahankan perolehan pada ajang sebelumnya yaitu 15 medali emas dan untuk tetap bisa berada di peringkat 10 besar. Ia mengungkapkan, “Kami seluruh kontingen Peparnas XIV akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meraih prestasi di Peparnas 2021 di Provinsi Papua dengan senantiasa menjaga nilai-nilai sportivitas, saling bekerja sama, dan menjaga nama baik Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan semangat latih yang lemah, sambung yang patah, maju terus pantang mundur. Jangan pernah hitung yang hilang dari tubuhmu, hitunglah yang masih tersisa dalam tubuhmu untuk terus berprestasi.”  (*)