Ilustrasi uang.
Jogja

Catat Tanggalnya, Berikut Ini Jadwal Penyaluran Bansos BBM di Jogja

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Bulan September ini, sejumlah bantuan sosial (bansos) baik yang tunai maupun nontunai akan disalurkan.Seperti BLT BBM, bansos yang disalur
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Bulan September ini, sejumlah bantuan sosial (bansos) baik yang tunai maupun nontunai akan disalurkan.

Seperti BLT BBM, bansos yang disalurkan sebagai imbas dari kenaikan harga bahan bakar minyak; BLT UMKM, BLT Desa, hingga Kartu Prakerja.

Bahkan, pekan ini, sejumlah bansos di Jogja akan mulai disalurkan ke penerima manfaat. Salah satunya bansos BLT BBM.

Kantor Cabang Utama Pos Jogja, yang menjadi pihak penyalur bansos di Jogja, berencana menyalurkan bantuan sosial dampak kenaikan harga bahan bakar minyak ini dalam dua tahap, kepada 22.000 lebih penerima.

Pada tahap pertama, bansos akan disalurkan mulai Sabtu (10/9/2022) pekan ini, sampai dengan Kamis (15/9/2022) minggu depan.

Executive General Manager Kantor Cabang Utama Pos Jogja, Fahdian Hasibuan, dalam keterangan resminya mengatakan, pada tahap pertama akan ada sekitar 18.000 warga yang menjadi sasaran penerima bansos dampak kenaikan harga BBM.

Sebanyak 17.678 tersebut warga dijadwalkan menerima bansos mulai Sabtu-Kamis besok. Sisanya telah menerima bansos baru-baru ini.

"Bansos disalurkan di kantor pos. Beberapa sudah ada yang kami salurkan dari pintu ke pintu, sementara sisa 4.000 lagi akan kami salurkan secepatnya untuk tahap kedua," kata Fahdian, Jumat (9/9/2022).

Pada tahap awal, penerima di 14 kecamatan dan 32 kelurahan bakal menerima bansos BBM. Sisanya akan dijadwalkan dalam waktu dekat. Hal ini karena menurutnya, data penerima bansos BBM tahap kedua masih terus diperbarui.

"Setelah tahap pertama selesai, sisanya langsung menyusul. Data masih diproses dan semoga berjalan dengan lancar," katanya.

Jumlah penerima bansos BBM di Kota Jogja menurun dari yang semula di angka 23.000 lebih sekarang hanya 22.000 lebih. Data itu diperoleh dari Kementerian Sosial setelah verifikasi ulang.

Total penerima bansos BBM di Kota Jogja berada di angka 22.485 dengan ketentuan penyaluran pada tahap pertama sebanyak 18.007 dan tahap kedua sebanyak 4.478. (Eff)