Bantul

Cek Kebugaran Calon Haji di Puskesmas Godean I

  •  SLEMAN - Puskesmas Godean I selaku penyelenggara kegiatan yang pada kesempatan ini dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Olahraga pada hari Sabtu, 20 Mei 2023 t
Bantul
Ties

Ties

Author

SLEMAN - Puskesmas Godean I selaku penyelenggara kegiatan yang pada kesempatan ini dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Olahraga pada hari Sabtu, 20 Mei 2023 telah melakukan pemeriksaan kebugaran calon jamaah haji yang bertempat di Lapangan Ahmad Zaeni Geneng Sidoagung Godean Sleman.

Damha Al Banna selaku Penanggung Jawab Program Kesehatan Olahraga Puskesmas Godean I mengatakan bahwa penting bagi calon jamaah haji untuk menjaga kebugaran jasmaninya. Kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring /menilai kemampuan jantung paru jamaah haji kaitannya dengan serangkaian kegiatan sebelum, saat, dan setelah menjalankan  ibadah haji agar diberikan kebugaran yang prima.

Sasaran peserta kebugaran haji meliputi wilayah desa binaan Puskesmas Godean I yaitu Sidoluhur, Sidoagung, Sidomulyo dan Sidomoyo. Peserta dilakukan skreening terlebih dahulu sebelum tes kebugaran, meliputi assesment untuk menentukan layak atau tidak nya ikut tes kebugaran, berupa pemeriksaan tekanan darah dan nadi istirahat. Peserta yang dinyatakan lolos selanjutnya akan diberikan nomor dada dan peregangan, kemudian dilanjutkan dengan menyelesaikan lintasan lari sejauh 1,6 km atau setara dengan 5 kali keliling track jogging lapangan Ahmad Zaeni.

Kasubag TU  Asyari, S.Sos saat sambutan menyatakan bahwa kunci keberhasilan dalam menjaga kebugaran salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas fisik 20 menit sehari dan terus berkoordinasi dengan Tenaga kesehatan haji daerah/Indonesia mengenai kebutuhan obat serta monitoring kesehatan. 

Diharapkan jamaah haji selalu dalam kondisi fit dan pulang membawa ilmu agama untuk diterapkan kepada masyarakat serta menjadi predikat haji yang mabrur