Angga Diandry tengah menanam hidroponik.
Gaya Hidup

Demfarm Gelar Talk Show “Inspirasi Petani Milenial: Dari Rumah untuk Indonesia Lebih Hijau”

  • Peringatan Hari Menanam Pohon Sedunia dapat menjadi momentum pengingat bagi masyarakat untuk memulihkan dan melestarikan lingkungan yang semakin hari semakin rusak. Sebagaimana diketahui, pada 2020 Indonesia telah kehilangan 270 ribu ha lahan hutan primer.
Gaya Hidup
Tyo S

Tyo S

Author

JAKARTA, Jogjaaja.com - Peringatan Hari Menanam Pohon Sedunia dapat menjadi momentum pengingat bagi masyarakat untuk memulihkan dan melestarikan lingkungan yang semakin hari semakin rusak. Sebagaimana diketahui, pada 2020 Indonesia telah kehilangan 270 ribu ha lahan hutan primer. 

Namun, dalam catatan Global Forest Watch, tingkat kehilangan hutan primer di Indonesia terus menurun. Tren penurunan ini menunjukkan bahwa Indonesia tengah menuju perbaikan. Meskipun memiliki alasan untuk merayakan penurunan hutan, Indonesia perlu memperkuat langkah-langkah perlindungan hutan. Pemulihan hutan ini bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga masyarakat. Salah satu upaya untuk membantu merealisasikan Indonesia hijau adalah dengan memulai dari lingkungan sendiri. 

Untuk mendukung Indonesia hijau, Demfarm.id menggelar talk show bertema “Inspirasi Petani Milenial: Dari Rumah untuk Indonesia Lebih Hijau” pada 30 November 2022, dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon 2022. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring di Instagram dengan menghadirkan 100 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari blogger, journalist, petani milenial daerah, dan masyarakat umum di wilayah Indonesia. 

Talk show ini menghadirkan founder @ibukita.kebun, Angga Diandry sebagai milenial yang sukses berkebun dengan memanfaatkan lahan yang ada. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak generasi muda untuk tidak malu menjadi petani milenial di rumah dan mampu menjaga lingkungan sekitar menjadi lebih sejuk dan subur. Sehingga dengan munculnya minat tersebut, ke depan akan lahir petani-petani millennial yang sukses dan lingkungan semakin sehat dan hijau. 

Pemerintah Indonesia juga tengah fokus menarik minat generasi muda untuk menjadi petani. Bahkan, salah satu industri pupuk di Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) sudah memiliki petani milenial binaan. Tak hanya itu, PKT juga mengembangkan program Community Forest di Provinsi Gorontalo. Program ini digagas untuk memberikan perlindungan keanekaragaman hayati dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memberi nilai tambah ekonomi pada lahan yang kurang produktif untuk ditanami berbagai jenis pohon dan komoditas.