5 Kesalahan Pengelolaan Keuangan di Usia 20-an yang Harus Dihindari
Ekonomi, Fintech & UMKM

Deretan Kebiasaan yang Membuat Anda Kehabisan Uang di Akhir Bulan Tanpa Sadar

  • Inilah kebiasaan yang membuat Anda kehabisan uang di akhir bulan tanpa sadar
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

JAKARTA - Jika Anda ingin memiliki kondisi finansial yang lebih baik pada tahun 2022 ini, maka Anda perlu untuk lebih hati-hati saat melakukan pengeluaran. Meski tahun 2022 baru berjalan hampir 1 bulan, jika kebiasaan mengatur keuangan yang buruk tetap Anda lakukan, bisa jadi Anda sering kehabisan uang sepanjang tahun dan kerap melakukan pengeluaran tanpa sadar.

Berikut beberapa kebiasaan yang membuat Anda kehabisan uang di akhir bulan tanpa disadari yang harus Anda waspadai sebagaimana dikutip dari laman resmi TrenAsia.com

Tidak Mencatat Pengeluaran

Mencatat setiap transaksi yang Anda lakukan baik pemasukan atau pengeluaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Mungkin Anda menganggapnya remeh karena hanya melakukan pengeluaran dalam nilai yang kecil, akan tetapi pengeluaran kecil jika dikumpulkan akan bisa menjadi banyak. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu mencatat pengeluaran agar Anda mengetahui penggunaan uang Anda.

 

Tergiur Membeli Barang Murah

Barang yang harganya lebih murah memang tampaknya lebih layak untuk dibeli karena tidak menyiksa dompet Anda. Akan tetapi, barang murah ternyata bisa membuat Anda boros tanpa sadar. Hal ini karena barang murah biasanya dibuat dari bahan yang tidak terlalu berkualitas sehingga menjadi tidak awet. Anda jadi harus membeli barang baru lagi yang justru membuat Anda semakin boros.

Oleh karena itu, saat Anda ingin membeli barang, pastikan bahwa barang tersebut memang Anda butuhkan. Carilah barang dengan harga yang wajar dan terbuat dari bahan yang berkualitas agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak Berpikir dengan Cermat Saat Melakukan Transaksi Menggunakan Dompet Digital

Hadirnya dompet digital membuat kehidupan saat ini lebih nyaman. Anda bahkan tidak perlu membawa dompet saat keluar rumah, dan cukup hanya dengan ponsel, Anda bisa melakukan transaksi atau pembayaran. 

Namun, karena dompet digital memudahkan Anda saat berbelanja, Anda jadi tidak berpikir panjang dan berpikir secara cermat saat mengeluarkan uang. Anda mungkin akan berpikir bahwa secangkir kopi seharga Rp 25.000 adalah murah, padahal uang sejumlah tersebut bisa Anda gunakan untuk makan siang yang tentunya lebih Anda butuhkan.

 

Memiliki Budget Terlalu Sedikit untuk Memenuhi Kebutuhan

Setelah Anda mendapatkan gaji, sebaiknya langsung bagi pendapatan Anda untuk membayar kebutuhan pokok dan tagihan Anda. Setelah itu, Anda akan mengetahui berapa uang yang bisa Anda gunakan untuk membeli hal-hal yang Anda inginkan. Anda juga bisa menambah penghasilan dengan mencari pekerjaan tambahan atau part time agar bisa menabung lebih banyak.