Puncak Kleco, salah satu bagian dari Desa Wisata Tinalah, Kulon Progo.
Budaya

Dewi Tinalah, Desa Wisata Edukasi di Kulon Progo dengan Konsep Digitalisasi

  • Desa Wisata Tinalah merupakan desa wisata yang terletak di kawasan Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh yang memiliki konsep penyatuan alam dan nilai-nilai budaya dengan slogan Pesona Alam dan Budaya.
Budaya
Tyo S

Tyo S

Author

KULON PROGO, Jogjaaja.com – Desa Wisata Tinalah atau biasa dikenal dengan nama Dewi Tinalah berhasil meraih juara keempat di ajang Anugerah Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 kategori Desa Wisata Digital. Pengumuman itu disampaikan di Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang ditayangkan di akun Youtube Kemenparekraf. 

Desa Wisata Tinalah merupakan desa wisata yang terletak di kawasan Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh yang memiliki konsep penyatuan alam dan nilai-nilai budaya dengan slogan Pesona Alam dan Budaya.

Nama Desa Wisata Tinalah diambil dari nama Sungai Tinalah. Adapun potensi alam yang dimiliki oleh Desa Wisata Tinalah antara lain Goa Sriti dan Puncak Kleco.

Rumah Sandi Negara juga masih menyimpan benda-benda yang menjadi saksi perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dewi Tinalah sekarang ini sudah berkembang menjadi Desa Wisata Edukasi yang banyak mengembangkan fitur aplikasi pembelajaran seperti terdapat solar panel dan aplikasi AI pendeteksi tanaman-tanaman yang ada di Tinalah.

Ada berbagai macam atraksi wisata di Dewi Tinalah. Diantaranya Camping Outdoor, outbond, makrab, river tubing, live in, home stay, wisata alam Puncak Kleco, wisata alam Goa Sriti, dan wisata alam jelajah sungai. Masing-masing aktivitas ini dibanderol dengan tarif variative, mulai Rp40 ribu per orang hingga Rp250 ribu per orang.

Banyak komentar mengenai Dewi Tinalah. Hampir semua merasakan kepuasan dan kenyamanan bisa menikmati suasana Dewi Tinalah.

“Camping ground yang cukup lengkap fasilitasnya. Ada joglo untuk pertemuan, kamar mandi, serta warung,” kata Ignatius Bayu Adji. 

Dewi Tinalah juga menawarkan konsep Kelas Online Desa Wisata. Kelas Online Desa Wisata merupakan kumpulan materi berbasis digital dan diaskses secara online mengenai pengembangan dan pengelolaan desa wisata. Di kelas online desa wisata ini Anda dapat mempelajari tahap-tahap dan konsep pengembangan desa wisata, hingga pemasaran dan digitalisasi. (*)