Aplikasi Shopee
Home

Diduga Plagiat Lagu Oh My Girl, Shopee Dihujat Netizen

  • JAKARTA-Shopee baru saja meluncurkan iklan promo baru menjelang Shopee 3.3 Fashion Sale yang berlaku mulai 8 Februari hingga 31 Maret 2021. Namun iklan promo tersebut justru mengundang hujatan dari netizen.

Home
Tyo S

Tyo S

Author

JAKARTA-Shopee baru saja meluncurkan iklan promo baru menjelang Shopee 3.3 Fashion Sale yang berlaku mulai 8 Februari hingga 31 Maret 2021. Namun iklan promo tersebut justru mengundang hujatan dari netizen.

Bahkan tagar #shopeebikinmalu sempat bertengger sebagai trending topic di platform media social Twitter selama beberapa waktu. Netizen ramai-ramai menghujat e-commerce yang berbasis di Singapura itu sebagai plagiat lagu sebuah Girl Band asal Korea dalam penayangan iklan promo terbarunya.

Iklan promo itu ikut diramaikan artis-artis papan atas ibukota, seperti Nikita Willy dan Adipati Dolken. Namun bukan sang artis yang menjadi sumber hujatan para netizen, melainkan soundtrack iklan tersebut.

Para netizen menyoroti bahwa Shopee diduga telah menggunakan lagu salah satu Girl Band terkenal asal Korea, Oh My Girl (OMG), berjudul “Dolphin” sebagai soundtrack iklannya. Namun dalam soundtrack itu liriknya diubah sesuai dengan tema promo teranyar dari e-commerce tersebut.

Netizen yang mengaku fans OMG ataupun pecinta K-Pop menilai Shopee telah mempermalukan OMG dan menuntut e-commerce itu untuk meminta maaf kepada grup band wanita asal Korea itu.

“We demand your apology. At least undang mereka so that they got paid after what you guys have done. #ShopeeBikinMalu,” tulis akun @kelucuanku yang sudah di-retweet lebih dari 200 kali.

Seorang pengguna Twitter lainnya, @peternakucing, juga mengungkapkan kekecewaannya atas ulah Shopee itu dengan menulis:

“Shopee gimana nih pertanggungjawabannya masa mau viral tapi pake lagu orang heum #shopeebikinmalu,” tulisnya.

Hingga berita ini diturunkan sudah lebih dari 7.000 akun yang ikut memasang tagar #shopeebikinmalu. Sementara itu, beberapa jam setelah hashtag itu meluncur, Shopee diketahui telah menurunkan materi iklan promo tersebut dari akun resminya, @ShopeeID, sekaligus menjawab komentar akun @banaomg:

“Hi Kak, terima kasih masukannya. Shopee berkomitmen utk menjadi lebih baik. Komponen materi promosi yang digunakan tidak melanggar hak cipta dan iklan kami menggunakan notasi yg berbeda dari lagu yang dimaksud. Namun demi kenyamanan bersama kami akan mengganti lagu dari iklan tersebut.”

Hujatan dari netizen ini merupakan kali kedua yang dialami Shopee. Minggu lalu, netizen menghujat Shopee karena menggunakan cerita korban kekerasan seksual sebagai konten iklan di akun gosip Lambe Turah. Imbasnya, tagar #uninstallshopee sempat mengemuka pada 2 Februari lalu.

 

Sebelumnya, menjelang promo Harbolnas 12.12 pada bulan Desember lalu, Shopee juga melakukan promo yang tak biasa. Perusahaan asal Singapura ini menggunakan tiga artis yang tengah viral karena video dugaan asusila sebagai brand ambassador atau endorser program promosinya, yaitu Giselle Anastasia, Anya Geraldine, dan Jessica Iskandar. (*)