Jogja

Dinkes Yogya Bakal Skrining Murid Saat Masuk Sekolah

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta mengaku akan melakukan skrining kepada anak sekolah setelah liburan usai.Hal ini dilakukan guna m
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta mengaku akan melakukan skrining kepada anak sekolah setelah liburan usai.

Hal ini dilakukan guna mencegah kasus Covid-19 meluas setelah libur sekolah.

Kepala Dinkes Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, murid sekolah nantinya akan dites Covid-19 setelah dua minggu masuk sekolah. Hal ini sesuai dengan masa inkubasi virus yang berada di rentang dua sampai 14 hari.

"Untuk antisipasi setelah dua minggu dari libur karena menurut hitungan epidemiologinya dua minggu setelah masuk akan kita skrining untuk anak sekolah," jelasnya, Minggu (3/7/2022).

Menurutnya, masa liburan sekolah memang menjadi momen yang berpotensi menularkan kasus Covid-19. Murid akan berlibur ke berbagai daerah dan akan kembali ke Jogja untuk masuk sekolah. 

Dengan demikian, menurut Emma pihaknya bakal melakukan tes Covid-19 kepada murid sekolah. Skrining itu nantinya diharapkan dapat mencegah penularan kasus Covid-19 yang belakangan kembali melonjak. 

"Nanti juga akan kita laksanakan skrining untuk anak sekolah, karena ini kan libur kemudian nanti mulai akan pembelajaran lagi," jelasnya. 

Di sisi lain, pihaknya juga tetap mengoptimalkan cakupan vaksinasi booster. Sampai saat ini 88 persen warga telah divaksin booster. Pihaknya menargetkan vaksinasi booster bisa mencapai 100 persen dalam waktu dekat.

 

"Kita tetap yang diupayakan adalah menemukan kasus kita tracing dan testing lalu treatment, prokes kita tetap akan optimalkan dan sosialisasi lewat sosmed dan lainnya juga dengan keliling untuk promosi tentang pencegahan itu," ungkapnya.  (Anz)