<p>Ilustrasi / Pixabay</p>
Gaya Hidup

Disiplin dan Asah Pola Pikir Mampu Mengubah Hidup Lebih Baik

  • Perkembangan teknologi dan zaman menyebabkan manusia harus terus adaptif dan menyesuaikan diri
Gaya Hidup
Ties

Ties

Author

JAKARTA- Perkembangan teknologi dan zaman menyebabkan manusia harus terus adaptif dan menyesuaikan diri. 

Hal ini dapat berpengaruh pada kualitas diri dan membawa kehidupan untuk lebih baik.

Guna mendapatkan dan meningkatkan kualitas diri, pengembangan karakter adalah hal yang perlu diperhatikan. Untuk mewujudkan pengembangan karakter ke arah positif, sebaiknya Anda harus menanamkan sikap berikut.

1. Disiplin

Disiplin menjadi sikap pertama yang harus ditanamkan saat pengembangan karakter. Tak hanya pada hal besar, hal kecil pun harus ditanamkan rasa disiplin.

Dengan sikap disiplin, Anda akan mengalami keteraturan sehingga bisa membentuk karakter lebih baik. Anda jadi lebih mengetahui apa yang tepat dan tidak tepat untuk dilakukan.

Meski begitu, ada catatan yang wajib diperhatikan. Saat menerapkan kedisiplinan, Anda tak harus keras pada diri sendiri dan menuntut banyak hal. Anda hanya perlu bersikap agar semua berjalan sebagaimana mestinya

2. Asah pola pikir

Mengasah pola pikir wajib dimiliki untuk mengembangkan karakter. Mengasah pola pikir bisa membawamu melihat suatu masalah dari beragam sudut pandang. Dengan begitu, Anda akan lebih analitis ketika mengambil keputusan.

Dengan mengasah pola pikir, Anda akan terhindar dari rasa penyesalan yang datang akibat keputusan yang dibuat. Selain itu, Anda tak akan meremehkan permasalahan dan lebih bertanggung jawab pada keputusan yang sudah diambil.

Mengasah pola pikir bisa dilakukan dengan banyak membaca dan mendengar pendapat orang. Dengan begitu, Anda bisa mengerti banyak hal.

 

3. Punya Empati tinggi

Kepedulian sosial atau empati juga harus Anda miliki saat mengembangkan karakter. Terutama terhadap isu dan situasi yang terjadi di sekitaran.

Saat terjadi masalah, bantulah mereka dengan hal apapun yang Anda bisa lakukan. Tak perlu melakukan gerakan yang masif. Anda bisa memulainya dari hal kecil terlebih dahulu.

4. Punya manajemen diri

Punya manajemen diri maknanya Anda sudah memiliki perencanaan yang matang pada diri sendiri. Hal ini terkait dengan pengaturan, dan mampu membuat batasan-batasan untuk diri sendiri.

Dengan manajemen diri, Anda bisa memilah mana hal-hal yang menjadi prioritas lebih dulu dan mana yang tidak jadi prioritas. Dengan begitu hidup akan lebih terarah dan teratur.

Manajemen diri yang baik juga bisa berbentuk manajemen perasaan yang baik. Anda harus bisa ramah dengan perasaan sendiri dan belajar juga untuk berdamai dengan rasa-rasa itu. (*)