Bantul

Dispar Bantul Siap Menghadapi Libur Lebaran 2023, Targetkan 150.000 Wisatawan

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul bersama-sama dengan stakeholder pariwisata diantaranya pengelola destinasi wisata, pengelola desa wisata
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul bersama-sama dengan stakeholder pariwisata diantaranya pengelola destinasi wisata, pengelola desa wisata, dan usaha jasa pariwisata berupaya untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang akan menikmati Bantul.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyatakan pihaknya akan bersama-sama stakeholder berupaya melayani wisatawan seoptimal mungkin. Kebersihan, keamanan, prosedur kesehatan sudah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan.

"Harapannya wisatawan menjadi nyaman saat berwisata di Bantul. Tahun ini kami menargetkan 150 ribu wisatawan berkunjung ke Bantul selama libur Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H," katanya Selasa (18/4/2023).

 

Foto: Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo saat menjelaskan kesiapan menghadapi libur lebaran Selasa (18/4/2023).
 

Untuk menambah pelayanan dan kenyamanan wisatawan, Dinas Pariwisata Bantul akan menerjunkan para personil untuk membantu kelancaran di beberapa titik Tempat Pemungutan Retribusi (TPR).

Petugas ini berasal dari Dinas Pariwisata dibantu personil dari Polsek, POLAIRUD, Koramil, TNI AL, Polres, Dinas Perhubungan, SAR dan Pol PP yang akan bertugas mulai 23 April s/d 1 Mei 2023. Selain itu Dinas Pariwisata juga akan menerjunkan ASN-nya untuk monitoring dan membantu operasional selama libur lebaran.

"Dimungkinkan juga akan ada bantuan dari kelompok masyarakat seperti Komunitas Pantas-RAPI, Pramuka, Paksi Katon dll untuk memperlancar arus kendaraan yang menuju destinasi wisata," katanya.

Adapun sejumlah personil yang diterjunkan tersebut akan disebar ke beberapa lokasi diantaranya tanggal 23,24,25 & 29,30 APRIL 2023 (76 personil) TPR Induk Parangtritis sebanyak 18 orang, TPR Depok Parangtritis sebanyak 12 orang, TPR Samas sebanyak 13 orang, TPR Gua Cemara sebanyak 8 orang, TPR  Kwaru sebanyak 8 orang, TPR Pandansimo 9 orang, TPR Gua Selarong 4 orang,  TPR Gua Cerme 4 orang.

Tanggal 26,27 & 28 APRIL 2023 (68 personil) TPR Induk Parangtritis sebanyak 18 orang, TPR Depok Parangtritis sebanyak 12 orang, TPR Samas sebanyak 13 orang, TPR Gua Cemara sebanyak 8 orang, TPR  Kwaru sebanyak 8 orang, TPR Pandansimo 9 orang.

"Dan Tanggal 1 Mei 2023 (76 personil) TPR Induk Parangtritis sebanyak 18 orang, TPR Depok Parangtritis sebanyak 12 orang, TPR Samas sebanyak 13 orang, TPR Gua Cemara sebanyak 8 orang, TPR Kwaru sebanyak 8 orang, TPR Panda," pungkasnya. (Anz)