Jogja

DLH Yogyakarta Imbau Warga Stop Buang Sampah Setiap hari Minggu

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke depo setiap hari Minggu.Upaya
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke depo setiap hari Minggu.

Upaya ini diharapkan mampu menekan pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Ahmad Haryoko menjelaskan, imbauan ini sudah dilaksanakan sejak dua bulan lalu. Hanya saja awalnya masih sebatas uji coba, sejak Juli dan Agustus ini mulai dilakukan.

"Ini memang masih sebatas imbauan. Tapi kita harapan masyarakat sadar dan bisa menekan jumlah pembuangan ke TPA," katanya, Jumat (12/8/2022).

Dia menjelaskan, libur membuang sampah juga telah diterapkan di sesejumlah tempat misalnya Sleman atau Bantul. Wilayah itu telah membuat kebijakan khusus dalam menekan laju pembuangan sampah ke depo dan TPA.

"Sifatnya memang tidak memaksa, kota pelan-pelak ajak masyarakat agar sadar lewat peran RT dan RW di wilayah masing-masing," katanya.

Menurutnya, untuk saat ini kebijakan dan program ini belum mampu dinilai berhasil atau tidak. Pasalnya kondisi cuaca memang tengah musim kemarau sehingga sampah yang diangkut cukup kering dan berimbas pada timbangannya.

Namun begitu ia menyebut bahwa dari sisi volume dan juga berat sampah yang diangkut oleh petugas dari depo dan TPS sedikit banyak mulai berkurang. Hanya saja, pihaknya akan menunggu waktu di musim penghujan untuk menilai apakah program ini berhasil atau tidak dalam mengurangi pembuangan sampah.

 

 

"Memang harus kita uji di saat musim hujan, kalau memang di musim hujan itu ternyata turun dibandingkan tahun lalu, ya pastinya berhasil," ungkapnya. (Anz)