Ekonomi, Fintech & UMKM

Dorong Rasio Kewirausahaan, Dinkop UKM DIY Gelar Pembinaan Saka Wirausaha

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Dalam upaya peningkatan rasio kewirausahaan, Dinas Koperasi Provinsi DIY dengan Dana Keistimewaan dan Gerakan Pramuka menginisiasi Iahirny
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Dalam upaya peningkatan rasio kewirausahaan, Dinas Koperasi Provinsi DIY dengan Dana Keistimewaan dan Gerakan Pramuka menginisiasi Iahirnya saka wirausaha pada pertengahan lalu.

Mengawali terobosan ini, Dinas Koperasi DIY telah melakukan inkubasi bisnis saka wirausaha di tahun 2023 dan diikuti sebanyak 100 pramuka dari 20 sekolah pada tahap sosialisasi dan semakin menurun hingga tahapan inkubasi.

Kepala Dinas Koperasi UKM DIY Sri Nurkyatsiwi mengatakan, guna meningkatkan peran serta anggota pramuka, di tahun 2024 ini Dinas Koperasi UKM DIY menggelar pembinaan dan penguatan saka wirausaha yang diikuti oleh Pimsaka Daerah DIY dan Pimsaka dari 5 Kab Kota.

"Sebanyak 50 peserta pimsaka diberikan penyegaran sekaligus tentang urgensi kehadiran saka wirausaha dalam meningkatkan rasio kewirausahaan khususnya untuk antisipasi bonus demografi di tahun 2045," jelasnya, Kamis (25/1/2024).

Siwi mengatakan bahwa kegiatan seperti ini perlu mendapat perhatian dari pimsaka yang berlatar belakang dinas.

"Dalam kegiatan ini, dilakukan serah terima secara simbolik, draft panduan saka wirausaha oleh Kamabisaka Wirausaha Provinsi kepada Kamabisaka Wirausaha di setiap kwarcab Kepala Dinas juga menekankan agar kegiatan di tahun ini dapat disupport penuh oleh Dinas Kabupaten Kota dengan melakukan penyelenggaraan yang bersifat memfasilitasi anggota pramuka saka wirausaha," pungkasnya.