Jogja

DPP Kota Yogyakarta Mulai Tertibkan Hewan Liar Mulai 2023

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta menyebut akan melakukan pengendalian populasi hewan khususnya yang berstatus liar pada 20
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta menyebut akan melakukan pengendalian populasi hewan khususnya yang berstatus liar pada 2023 mendatang.

Pengendalian populasi ini nantinya akan melibatkan komunitas pecinta hewan dengan dengan harapan tidak lagi menganggu ketertiban warga.

"Tahun depan kita mulai pengendalian populasi, ada kegiatan sterilisasi hewan pada tempat yang ditengarai banyak hewan liar," kata Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan DPP Kota Yogyakarta, Sri Panggarti Minggu (28/8/2022).

Sri menuturkan, pengendalian populasi ini perlu dilakukan mengingat banyaknya hewan liar di Kota Yogyakarta. Pihaknya memang tidak memetakan berapa populasi hewan liar di Kota Yogyakarta, namun cukup banyak ditemukan, terutama pada jenis kucing liar.

Untuk itu, pengendalian populasi hewan ini akan difokuskan untuk kucing liar. "Anjing liar jarang kita temukan, kucing lumayan banyak, terutama di pasar-pasar," ujar Sri.

Pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai komunitas pecinta hewan untuk mengumpulkan hewan-hewan liar. Pengendalian populasi kucing liar ini akan diprioritaskan pada kucing yang ada di sekitar lingkungan komunitas-komunitas tersebut.

"Kita mempunyai mitra komunitas penyayang kucing, mereka sering ke pasar-pasar menangkap, kalau sakit diobati. Di shelter mereka dipelihara, setelah sembuh dilepas lagi dan ini akan kita kendalikan populasinya agar tidak bertambah," jelas Sri. (Anz)