Jogja

Driver Ojol Demo Tolak Kenaikan BBM, Customer Kesulitan Order

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Sejumlah customer ojek online (ojol) kesulitan melakukan pemesanan (order), imbas dari aksi demontrasi menolak kenaikan harga BBM yang dil
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Sejumlah customer ojek online (ojol) kesulitan melakukan pemesanan (order), imbas dari aksi demontrasi menolak kenaikan harga BBM yang dilakukan sejumlah driver, Senin (12/9/2022).

Salah satunya dialami Linda, 24, salah satu pegawai kedai mie di Kotabaru. Ia mengaku, bahwa ada banyak pesanan yang masuk melalui aplikasi akhirnya dibatalkan karena kesulitan mendapatan driver.

“Banyak yang di-cancel, sulit dapat driver,” ujarnya, mengeluhkan situasi yang ia alami, Senin (12/9/2022).

“Apalagi pas jam makan siang, waktu lagi ramai-ramainya, banyak yang terpaksa harus di-cancel,” sambung Linda.

Selain itu, ada pula Cien, 44, salah seorang pemilik rumah makan di Jalan Doktor Sutomo. Ia mengatakan bahwa hari ini sebenarnya ada banyak order yang masuk. Namun, warungnya kesulitan mendapatkan driver.

“Driver minim, makanya banyak orderan yang harus di-cancel,” ujarnya.
Kendati mengeluhkan banyaknya pesanan yang ter-cancel, Cien mengaku tidak mempermasalahkan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh driver ojol.

"Repot juga kalau gini, tapi tidak papa soalnya perlu juga ojol-ojol itu pada demo karena itu hak mereka,” pungkasnya.

Selain pemilik warung, kesulitan order juga dialami beberapa customer lain. Risty, 18, misalnya.

Mahasiswa asal Jogja ini mengaku terpaksa menggunakan transportasi umum yang waktu tempuhnya lebih lama, karena kesulitan mendapatkan driver.

“Lama nunggunya, jadi aku putusin pakai TransJogja. Meski ya jalurnya muter dan waktu tempuh lebih lama,” katanya.

Risty mengaku, biasanya untuk pulang ke rumah, ia hanya perlu perjalanan sekitar 5-10 menit. Namun, hari ini ia harus menempuh waktu hingga satu jam perjalanan.
“Aku sih nggak masalah, toh ini sehari saja [aksi demonya].”


Para driver ojol di Jogja sendiri melakukan aksi demo tolak kenaikan harga BBM hari ini Senin (12/9/2022). Aksi demo diawali dengan longmarch dari Stadion Kridosono menuju gedung DPRD DIY di Jalan Malioboro.

Berdasarkan pantauan di lapangan, banyaknya massa dari aksi demo ojol ini membuat akses jalan masuk ke Malioboro ditutup aparat kepolisian. 

 

Ratusan kendaraan ojol juga terlihat terparkir di halaman Stadion Kridosono. (Eff)