Kolaborasi ATEEZ dengan Adidas
News

Dukung Palestina, Fans Boikot Kolaborasi Baru ATEEZ dan Adidas

  • Langkah yang diambil ATEEZ ini membuat beberapa penggemar, yang disebut ATINYs, merencanakan untuk melakukan boikot.
News
Leon

Leon

Author

JAKARTA, Jogjaaja.com  - Saat ini, boy group K-Pop ATEEZ TENGAH bersiap untuk kembali dengan album GOLDEN HOUR: Part.1 dan tur dunia mereka, ATEEZ 2024 WORLD TOUR (TOWARDS THE LIGHT: WILL TO POWER). 

Namun, keputusan-keputusan yang diambil boyband dengan 8 member ini cukup mengejutkan penggemar. Baru-baru ini ATEEZ berkolaborasi dengan perusahaan terkenal ABC-MART dari Jepang dan Adidas ClimaCool dari Jerman.

Langkah yang diambil ATEEZ ini membuat beberapa penggemar, yang disebut ATINYs, merencanakan untuk melakukan boikot.

Alasannya bukan karena kualitas iklan atau produk, tetapi lebih kepada keterlibatan Adidas dalam hubungannya dengan Israel. 

Seperti diketahui, sejak Oktober, terjadi serangan Israel di Jalur Gaza yang telah menyebabkan banyak warga Palestina terluka atau tewas. Menurut laporan Islamic Relief, lebih dari 34 ribu warga Palestina telah kehilangan nyawa mereka, sementara lebih dari 77 ribu lainnya terluka atau mengalami kesulitan hidup.

Krisis ini telah menarik perhatian dunia, dan banyak orang mencari cara untuk berkontribusi. Salah satu gerakan yang muncul adalah BDS (Boikot, Investasi, dan Sanksi), yang menargetkan merek-merek yang terlibat dalam mendukung Israel dalam konflik ini.

BDS membagikan daftar merek yang harus diboikot dan Adidas adalah salah satunya. Alasan utamanya adalah karena Adidas menggunakan produsen Israel untuk beberapa produknya, serta menyumbangkan sejumlah besar uang kepada organisasi pro-Israel, termasuk Liga Anti-Pemfitnah.

Dilaporkan bahwa Adidas menyumbangkan US$150 juta kepada Liga Anti-Pemfitnahan (ADL) pro-Israel setelah memutuskan hubungan dengan Ye (rapper yang sebelumnya dikenal sebagai Kanye West) karena pernyataan antisemitik dan kontroversialnya melalui media sosial dan wawancara. 

Meskipun Adidas mengakhiri kerjasama dengan Ye pada tahun 2022, sumbangan perusahaan sepatu tersebut dari penjualan Yeezy dilaporkan pada awal tahun ini.

Meskipun Adidas juga telah melakukan sumbangan kepada beberapa organisasi yang memperjuangkan keadilan sosial, penggemar ATEEZ merasa bahwa keterlibatan Adidas dengan Israel dalam konteks konflik Palestina-Israel adalah suatu hal yang tidak dapat diterima.

Banyak netizen yang mengingatkan penggemar ATEEZ tentang hubungan pro-Israel Adidas. 

Sebagai respons, meskipun terkesan dengan iklan kolaborasi ATEEZ, sebagian besar ATINYs memutuskan untuk bergabung dalam boikot sebagai bentuk protes terhadap afiliasi Adidas dengan Israel dalam konteks konflik yang sedang berlangsung antara Israel Palestina.

Seperti yang diserukan oleh salah satu fans dengan nama akun X (dulu Twitter) @whorescope_ 

“Para atiny, kita melakukan boikot terhadap kolaborasi ini, Adidas menyumbang ke kelompok pro-Israel, pertahankan moralitas Anda di atas kpop! Akan ada kolaborasi lain dengan perusahaan yang tidak mendukung genosida. Tolong redakan konsumerisme Anda & ingatlah bahwa uang Anda adalah kekuatan! Tunjukkan kepada KQ bahwa fandom kita tidak akan mentolerir hal ini!” dilansir TrenAsia.com pada Rabu, 24 April 2024.