buket bunga pita satin
Pojok UMKM

Evanz Store Jogja Jajaki Model Bisnis Pernak-pernik Pernikahan dan Acara Resmi Berbahan Pita Satin

  • Berawal dari sebuah kecelakaan yang mengharuskan berdiam diri di rumah, Lenny Tursia Vristhina berhasil mengembangkan sebuah usaha dengan membuat pernak-pernik
Pojok UMKM
mala

mala

Author

Berawal dari sebuah kecelakaan yang mengharuskan berdiam diri di rumah, Thina berhasil mengembangkan sebuah usaha dengan membuat pernak-pernik kerajinan dari bahan pita satin. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk  bertahan hidup.

Kecintaannya terhadap pita satin dapat menghasilkan karya yang tak disangka-sangka sehingga mampu diterima oleh pelanggan yang sedang membutuhkan, seperti pada acara pernikahan dan acara resmi lainnya 

Thina berhasil mengembangkan bisnis dengan membuka gerai dengan nama Evanz Store dan toko bunga @bunga surga, usaha bunga tangan dengan berbahan pita satin.

Thina mengatakan, ia memiliki misi dapat membuka peluang lapangan pekerjaan seluas-luasnya dan dapat mengajak masyarakat lokal hingga nasional mencintai produk asli dalam negeri, dengan visi mampu memiliki Cabang di setiap kota.

Melalui usaha bunga tangan miliknya, Thina bertekad untuk bisa naik kelas dalam memasarkan produknya. Thina mulai memasarkan produknya melalui sistem made by order dan by request secara online dan offline untuk menerima pesanan.

“Potensi dan peluangnya besar di Indonesia,karena kompetitornya pun sedikit jadi kami yakin usaha buket bunga kami ini bisa sukses. Kebutuhan buket bunga hingga pita hadiah mobil.bunga mobil pengantin dan pita peresmian masih sangat tinggi,” kata Thina  saat ditemui di Yogyakarta beberapa saat lalu, Jumat 12 Mei 2023.

Kecintaan Thina dalam membuat buket bunga berbahan pita satin sejak 2018 cukup mendapatkan tempat di hati pelanggannya karena kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau mulai dari Rp20 ribu.

Bahan pita satin digunakan Thina karena memiliki warna yang terlihat lebih “glowing” dan mudah dibersihkan. Ini menjadi rahasia Thina dalam membuat buket bunga yang berkualitas.

Tak hanya itu, keunggulan produk lainnya yang hanya dimiliki oleh Evanz Store, yaitu pegangan hand bouquet yang dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga bunga tidak rusak dalam penyimpanan dan efisien saat pengemasan.

“Ini salah satu upaya kami dalam memberikan kenyamanan terhadap pelanggan,” katanya.

“Produk unggulan kami pembuatan Hand Bouquet, Bunga Mobil Pengantin, Pita jumbo Hadiah Mobil/Motor, Bunga Wisuda, Jasa Sewa Hias Hantaran dan Henna Art, dan Bunga ikat gorden paling banyak peminatnya,” lanjutnya.

Dengan membagikan katalog produk di Instagram https://instagram.com/evanz.store, Thina mendapatkan respon yang bagus. Sehingga ia semakin antusias dalam mendapatkan berbagai pesanan baik yang dapat diperoleh secara online melalui Toko Online yang bertempat di Gedong Kuning Selatan hingga Toko Offline pada daerah UmbulHarjo, Yogyakarta.

“Produk buket yang ada di Evanz Store banyak dicari. Biasanya digunakan untuk kegiatan grand opening potong pita ataupun showroom. Industri perbank-an pun turut memberikan andil besar dalam kemajuan bisnis buket bunga dengan memesan pita hadiah mobil jumbo sebagai simbolis untuk nasabahnya” kata Thina.

Thina sudah memiliki banyak pelanggan. Saat ini setidaknya sudah tersedia 200 pcs buket bunga per harinya yang siap dibeli oleh pelanggan dan sudah terjual ribuan produk.  Meski demikian, Thina masih kesulitan jika ada pesanan mendadak dikarenakan bahan-bahan baku yang tidak ready stock.

Berkat kerja kerasnya dalam memasarkan Buket Bunga, kini produknya sudah bisa dipesan melalui berbagai platform marketplace, di antaranya Lazada.Bukalapak.Tokopedia Shopee dan Tiktok. Termasuk Shopee Internasional.

“Di marketplace kami tetap berusaha memberikan layanan terbaik dengan respon admin yang cepat. Kami juga sudah memiliki konten kreator ataupun team yang membantu untuk menaikan minat pasar terutama di marketplace hingga nantinya mampu bekerja sama lebih banyak dengan WO ataupun EO,”katanya.

Thina juga aktif mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan ilmu dalam berbisnisnya dan sudah menjadi UMKM binaan UGM.

“Aktif juga di Organisasi IWAPI ( Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) dan Dekranasda Korwil Banguntapan,” katanya.

Ke depan, Thina memiliki keinginan untuk terus memperluas usaha bunga tangannya agar semakin dikenal dan banyak pelanggan yang membeli produknya. Ia juga mencoba untuk bisa bekerja sama dengan media agar produknya diulas sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang tahu keberadaan Evanz Store,

“Menarik sekali jika bisa diliput oleh media ataupun direview oleh para selebgram Tanah Air. Ini merupakan salah satu harapan besar kami agar penjualan buket bunga bisa menjadi yang nomor satu paling banyak dicari masyarakat dengan pencarian produk sejenis atau bisa dengan klik link berikut https://linktr.ee/evanzstore ” kata Thina