Salah satu pasangan calon pengantin dalam Nikah Bersama 1 Abad NU tengah melengkapi persayaratan.
News

Expo UMKM dan Nikah Bersama Meriahkan Peringatan 1 Abad NU

  • Menjelang peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama (NU), warna Nahdliyin menggelar kegiatan Expo UMKM 1 Abad NU ‘Si Bakul Local Fest’ di Stadion Kridosono. Mengusung tajuk Go Global Go Digital, event ini akan berlangsung selama 5 hari yaitu pada 7-11 Desember 2022.
News
Tyo S

Tyo S

Author

YOGYAKARTA, Jogjaaja.com – Menjelang peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama (NU), warna Nahdliyin menggelar kegiatan Expo UMKM 1 Abad NU ‘Si Bakul Local Fest’ di Stadion Kridosono. Mengusung tajuk Go Global Go Digital, event ini akan berlangsung selama 5 hari yaitu pada 7-11 Desember 2022.

Salah satu bagian dari rangkaian kegiatan ini adalah Nikah Bersama. Hingga saat ini, sudah ada 7 pasangan calon pengantin yang mendaftar acara Nikah Bersama. Mereka datang dari berbagai daerah, diantaranya DIY, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jabodetabek, dan bahkan luar Jawa.

“Sudah ada 7 pasangan calon penganting yang langsung booking tempat untuk mengikuti acara tersebut. Salah satunya adalah Wahyu dan Nur Afira dari Bojonegoro, Jawa Timur, yang diantar langsung ke Jogja oleh ayahnya untuk melengkapi persyaratan nikah hingga fitting baju pengantin dan persiapan cincin kawin,” ujar Ketua Panitia Nikah Bersama sekaligus Ketua Fortais Indonesia, Ryan Budi Nuryanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/12/2022).

Agenda Nikah Bersama yang bakal digelar pada 8 Desember 2022 mendatang tersebut bukan untuk pertama kalinya dilakukan. Ryan menuturkan bahwa kali ini animo masyarakat untuk bisa ikut ajang Nikah Bersama begitu besar.

“Besarnya animo masyarakat ini karena dilaksanakan bersamaan dengan momentum 1 abad NU. Insha Allah berkah dan mendapatkan doa dari yang hadir. Selain itu, para peserta juga mendapatkan fasilitas gratis seperti biaya nikah, dokumentasi, pelaminan, mahar atau cincin kawin, seperangkat alat sholat produk UMKM, rias pengantin dan tata busana Muslimah gaun modern dari HARPI DPD DIY, hingga tasyakuran,” ungkap Ryan.

Ketua DPW HPN DIY sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Si Bakul Local Fest, Wawan Harmawan menyampaikan acara ini akan dikemas berbeda pada expo pada umumnya. “Acara ini juga gratis untuk para pengunjung yang ingin masuk ke dalam arena pameran. Ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan dapat memulikan perekonomian akibat adanya pandemi Covid-19,” terang Wawan.

Pendapat senada dilontarkan Ketua Panitia 1 Abad Nu wilayah DIY, Muhammad Mustafid. Menurutnya, momentum kali ini bisa membangkitkan spirit masyarakat kembali setelah pandemi COVID-19 yang melanda tahun lalu. Apalagi nantinya di acara ini selain ada nikah gratis, ada pula gelaran expo UMKM Si Bakul Local Fest yang bakal digelar 7 hingga 11 Desember 2022 serta penggalangan dana bagi korban bencana Cianjur.

"Momentum 1 Abad NU ini dapat dijadikan spirit bagi NU dan warga nahdliyin untuk membangkitkan ekonomi di kalangan warga nahdliyin, NU, dan masyarakat secara umum sekaligus berbagi kebahagiaan membantu meringankan saudara kita untuk bisa menikah secara gratis," pungkasnya. (*)