Jogja

Foodcourt Basamo Sajikan Menu Khas Nusantara Bagi Wisatawan Malioboro Yogyakarta

  • YOGYA, Jogjaaja.com -  Jalan Malioboro di Kota Yogyakarta selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Se
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com -  Jalan Malioboro di Kota Yogyakarta selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Selain menikmati suasana khas sepanjang Malioboro, wisatawan juga banyak mengunjungi lokasi kuliner di kawasan sarat nilai sejarah tersebut.

Seperti salah satunya tempat yang merupakan pusat kuliner dengan beragam menu lokal dari berbagai daerah di Indonesia yakni Foodcourt Basamo. Kawasan kuliner ini terletak di lantai dua sebuah toko pakaian di Malioboro atau tepatnya di seberang kantor Gubernur DIY Kepatihan pun tampak selalu ramai oleh wisatawan.

Pengelola Foodcourt Basamo, Andrianto menyebut tempat itu dirancang sebagai pusat kuliner khas Nusantara yang ada di jalan Malioboro. Pusat kuliner ini sekaligus untuk menarik wisatawan yang datang dengan menyajikan menu khas nusantara mulai Gudeg Jogja, Soto Makasar, Bebek Madura, Kuliner Sunda hingga pempek Palembang dan masakan Padang. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai minuman khas hingga kopi nusantara.

"Tujuan kita agar wisatawan bisa lebih mudah menikmati berbagai kuliner di Malioboro, dengan berbagai menu pilihan. Wisatawan yang datsng ke Malioboro itu dari Sabang sampai Merauke jadi kita memberikan menu menu khas dari berbagai daerah," jelas Adrianto, Rabu (17/5/2023).

Uniknya, pihak pengelola menggandeng para UMKM untuk menyajikan menu-menu khas Nusantara. Selain itu pusat kuliner ini menjual menu dengan harga yang murah dan terjangkau oleh masyarakat maupun wisatawan.

"Kita menawarkan harga yang sangat terjangkau. Sehingga pusat kuliner ini bisa menjadi barometer harga kuliner di Malioboro. Harga-harga kuliner di Malioboro itu sangat terjangkau, dan tidak ada istilah nuthuk," katanya.

Koordinator Lapangan Perkumpulan Pengusaha Malioboro-Ahmad Yani (PPMAY) KRT Karyanto Purbohusodo di Yogyakarta, menyambut baik destinasi kuliner Nusantara di kawasan Jalan Malioboro. Pihaknya berharal dengan adanya Foodcourt Basamo bisa menjadi tujuan destinasi kuliner yang sehat, dengan menu lokal dan juga harga yang terjangkau.

"Saya berharap destinasi kuliner Malioboro bisa ramai. Karena ditempat ini sangat terjangkau, saya pastikan wisatawan tidak akan kecewa. Bahkan ini bisa menambah daya tarik Malioboro," jelas KRT Karyanto. (ANZ)