Bantul

Gali Nilai Kepahlawanan, Siswa Diklat Integrasi TNI - Polri Kunjungi Muspusdirla

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Sebanyak 80 siswa Diklat Integrasi TNI - Polri mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Mereka terdiri dari 60 s
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Sebanyak 80 siswa Diklat Integrasi TNI - Polri mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Mereka terdiri dari 60 siswa Semaba PK Wanita TNI AU Angkatan ke-51 dan 20 siswa Diktuk Sepolwan Tahun Ajaran 2023.

Kedatangan rombongan didampingi Komandan Skadik 401 Letkol Adm Titi Tri Pangastuti dan sejumlah pengasuh baik dari Semaba PK Wanita TNI AU maupun dari Diktuk Sepolwan. Rombongan diterima Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho di Ruang Utama Muspusdirla, Rabu (25/10/2023).

Dalam penerimaannya, Kolonel Yuto mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan siswa Diklat Integrasi TNI AU - Polri. Ia mengapresiasi kunjungan tersebut. Dikatakannya Muspusdirla memiliki ribuan koleksi, yang mana di tiap-tiap koleksi tersimpan cerita yang membanggakan.

"Cerita yang membanggakan tentang kegagahan para pendahulu TNI Angkatan Udara dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga angkasa Indonesia," ujarnya.

Ia pun meminta kepada seluruh siswa agar menggunakan kesempatan kunjungan di Muspusdirla sebagai momen untuk menggali lebih dalam nilai-nilai kepahlawanan seperti yang telah dicontohkan oleh para pendahulu TNI Angkatan Udara.

"Gunakan kesempatan kunjungan untuk menyerap nilai-nilai kepahlawanan dan jadikan semangat dalam pengabdian untuk ikut menjaga keamanan dan keutuhan NKRI," ucap Kolonel Yuto.

Di kesempatan yang sama Kolonel Yuto mengingatkan, masa integrasi harus bisa digunakan sebaik mungkin sebagai sarana mempererat soliditas dan memperkuat integrasi agar terjalin kebersamaan, kekompakan dan ikatan moral yang kuat, yang ke depannya dapat menunjang pelaksanaan tugas di satuan masing-masing.

Letkol Titi mengungkapkan kunjungan ke Muspusdirla merupakan salah satu rangkaian kegiatan selama pelaksanaan Diklat Integrasi TNI AU - Polri yang  diselenggarakan selama 5 hari di Ksatrian Wara Kaliurang.

"Dalam pelaksanaan Diklat Integrasi, Semaba PK Wanita TNI AU mengirimkan 20 siswa ke Diktuk Sepolwan di Ciputat Jakarta Selatan, begitu juga Diktuk Sepolwan mengirim 20 siswa ke Semaba PK Wanita TNI AU," jelas Letkol  Titi.

 

Ia berharap melalui kunjungan ke Muspusdirla para siswa dapat meneladani semangat para pahlawan dan pendahulu TNI Angkatan Udara, sehingga ke depannya terbangun hubungan yang lebih solid, tidak mudah dipecah belah, tidak mudah diadu domba, dan saling memperkuat satu dengan lainnya. (Anz)