<p>PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menyelenggarakan kompetisi jurnalistik Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2020 (KPAB 2020) dengan total hadiah puluhan juta rupiah. / Gojek</p>
Home

Gojek dan AJI Gelar Kompetisi Jurnalistik, Total Hadiah Puluhan Juta Rupiah

  • JAKARTA – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menyelenggarakan kompetisi jurnalistik Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2020 (KPAB 2020). “Kompetisi ini bertujuan untuk mengapresiasi para jurnalis, sekaligus untuk meningkatkan literasi mengenai industri digital di Indonesia,” kata VP Corporate Communications Gojek Audrey Progastama Petriny dalam siaran resmi yang diterima […]

Home
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menyelenggarakan kompetisi jurnalistik Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2020 (KPAB 2020).

“Kompetisi ini bertujuan untuk mengapresiasi para jurnalis, sekaligus untuk meningkatkan literasi mengenai industri digital di Indonesia,” kata VP Corporate Communications Gojek Audrey Progastama Petriny dalam siaran resmi yang diterima TrenAsia.com, Kamis, 24 September 2020.

Menurutnya, insan pers memiliki kontribusi besar dalam menginspirasi dan mencerdaskan bangsa melalui karya jurnalistik. Bagi Gojek, hal itu merupakan dorongan untuk selalu berinovasi, meskipun di tengah situasi pandemi COVID-19.

Audrey menambahkan, pihaknya bersama AJI Indonesia berharap dapat mengedukasi masyarakat dengan meningkatkan literasi keamanaan digital. Hal ini untuk menghindarkan dari modus penipuan dan bentuk kriminal lainnya.

Berikut keterangan rinci mengenai kompetisi tersebut.

  1. Pendaftaran dibukai mulai 23 September 2020 hingga 21 Oktober 2020 di www.gojek.com/kpab atau email kreasipewartaanakbangsa@go-jek.com. Terdapat voucher gratis berlangganan GoPlay selama 30 hari bagi 50 pendaftar pertama.
  2. Juri akan menilai karya jurnalistik berdasarkan kriteria, seperti kesesuaian dengan tema, orisinalitas ide, kualitas dan kedalaman penulisan, dan penyajian karya jurnalistik.
  3. Dewan juri untuk penghargaan ini berasal dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Centre for Digital Society Universitas Gadjah Mada (CfDS) serta perwakilan dari Gojek.
  4. Terdapat dua kategori, yakni nasional untuk media di Jakarta atau memiliki jangkauan nasional. Tema yang diangkat adalah “Upaya platform digital meningkatkan keamanan dalam menangkal kejahatan rekayasa sosial di tengah meningkatnya transaksi online.”

Kemudian kategori regional, untuk jurnalis media regional atau lokal di Medan, Palembang, Padang, Pekanbaru, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Malang, Makassar dan Balikpapan.

Tema yang diangkat adalah “Upaya platform digital menghadapi tantangan untuk tetap menjadi andalan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 dengan mengedepankan aspek Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan.”

Kategori Nasional

Straight news:

Juara 1         : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 10 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun

Juara 2         : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 7,5 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan

Juara 3         : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 5 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan

10 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta

Feature

Juara 1       : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 10 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun

Juara 2       : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 7,5 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan

Juara 3       : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 5 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan

10 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta

Kategori Regional

Panitia akan memilih 143 pemenang untuk kategori straight news di masing-masing kota, yaitu di Medan, Palembang, Padang & Pekanbaru, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Malang, Makassar dan Balikpapan.

Straight news

Juara 1       : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 10 juta

Juara 2       : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 10 juta

Juara 3       : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp 5 juta

10 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta.