Jogja

Harga Tomat di Yogyakarta Melejit Tembus Rp22.000/Kg

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Harga komoditas sayuran di Kota Yogyakarta mengalami kenaikan yang cukup signifikan menjelang masa akhir tahun dan perayaan Natal Tahun Ba
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Harga komoditas sayuran di Kota Yogyakarta mengalami kenaikan yang cukup signifikan menjelang masa akhir tahun dan perayaan Natal Tahun Baru. Harga yang semula Rp12.000 per kilogram menjadi Rp22.000 per kilogram.

Ida Habibah salah seorang pedagang di Beringharjo Yogyakarta mengatakan, kenaikan itu sudah terjadi sejak awal bulan ini dan tetap tinggi sampai saat ini. Selain harga tomat, brokoli juga mengalami kenaikan menjadi Rp40.000 per kilogram dari yang semula Rp30.000 per kilogram.

"Ini memang tren akhir tahun dan ditambah dengan kondisi cuaca yang terus menerus hujan jadi sayuran cepat membusuk," katanya, Selasa (13/12/2022).

Selain itu jenis sayuran berupa kembang kol dan seledri juga mengalami kenaikan. Untuk kembang kol menjadi Rp30.000 per kilogram sementara seledri menjadi Rp20.000 dari yang semula Rp10.000.

"Selain harga, stok kita buat spekulasi juga berkurang 50 persen untuk tomat dan juga brokoli," jelasnya.

Analis Kebijakan Ahli Muda Kelompok Substansi Ketersediaan dan Pengendalian Harga Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Evi Wahyuni menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik buying.

"Kota masih memenuhi kebutuhan, namun permintaan naik, sehingga ada beberapa komoditas mengalami kenaikan. Terutama minggu ini cabe merah keriting dan besar yang mengalami kenaikan, namun yang lain masih stabil atau sama harganya," ungkapnya.

Evi menambahkan, kenaikan ini sangat berdampak di Kota Yogyakarta terutama Kota Yogyakarta sebagai kota tujuan pariwisata sehingga usaha kuliner banyak membutuhkan pasokan bahan pokok yang juga mempengaruhi harga.

Untuk itu dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga di masyarakat, Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta terus melakukan kegiatan operasi di pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, dan Pasar Prawirotaman. (Anz)