Jogja

Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024, BPBD DIY Beberkan Potensi dan Ancaman Bencana di Wilayahnya

  • YOGYA, Jogjaaja.com BPBD DIY akan memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) pada tanggal 26 April mendatang. Tujuan peringatan HKB untuk membangun budaya sa
Jogja
Leon

Leon

Author

YOGYA, Jogjaaja.com BPBD DIY akan memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) pada tanggal 26 April mendatang. Tujuan peringatan HKB untuk membangun budaya sadar bencana. Tema Nasional HKB 2024 adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Hebat”. Sementara sub-tema HKB DIY 2024 adalah “Tanggap, Tanggon, Trengginas Ngadhepi Bebaya”.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad mengatakan, tema DIY tersebut dirumuskan mengingat DIY diidentifikasi mempunyai beberapa kawasan rawan bencana. Kawasan rawan bencana gunung berapi di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman serta sekitar sungai yang berhulu di Gunung Merapi.

"Kawasan rawan bencana tanah longsor berada di semua kabupaten di DIY, sedangkan gerakan tanah/batuan dan erosi berpotensi terjadi pada kawasan lereng pegunungan di Kulon Progo," jelasnya, Kamis (25/4/2024).

Selain itu, kata dia kawasan rawan gempa bumi tektonik berpotensi terjadi karena wilayah DIY berdekatan dengan zona subduksi (kawasan tumbukan antar lempeng) di dasar samudera Indonesia yang berada di sisi selatan DIY. Wilayah DIY juga mempunyai beberapa sesar yang diduga aktif.

"Kawasan rawan bencana tsunami terdapat di sepanjang pantai Kabupaten Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul khususnya pantai dengan elevasi kurang dari 30 m dari permukaan air laut," ujarnya.

Noviar menyataka, gempa bumi 27 Mei 2006 yang melanda Bantul, Gunungkidul dan beberapa daerah di sekitarnya menjadi kenangan buruk dengan dampak yang cukup dahsyat. Selanjutnya bencana erupsi Gunung Merapi pada 26 Oktober 2010 dan 5 November 2010 juga menjadi pengalaman pahit bagi warga Yogyakarta khususnya masyarakat lereng Merapi.

"Di DIY juga banyak kejadian bencana skala kecil yang diakibatkan oleh angin kencang, tanah longsor, kebakaran, banjir, penyakit dan masalah sosial juga perlu mendapat perhatian bersama untuk bisa mengurangi dampak negatif pada kehidupan dan penghidupan masyarakat Yogyakarta," jelasnya.

Noviar menambahkan bahwa, sasaran Pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Kesiapsigaan Bencana (HKB) di Daerah adalah seluruh lapisan masyarakat yang ada di DIY dengan segmen utama atau sasaran kelompok muda, urban, dan kelompok rentan.

"Puncak kegiatan ini akan dilaksanakan pada 28 April 2024 bertempat di Jalan Malioboro (titik lokasi di sebelah barat Kantor Gubernur DIY, Komplek Kepatihan)," pungkasnya.