Gunungkidul

Hujan dan Angin Kencang, 37 Titik Bencana Terjadi di Gunungkidul

  • GUNUNGKIDUL, Jogjaaja.com - Sedikitnya 37 kejadian bencana terjadi di Kabupaten Gunungkidul akibat hujan dan angin kencang pada Rabu (3/1/2024). Tidak ada korba
Gunungkidul
Ties

Ties

Author

GUNUNGKIDUL, Jogjaaja.com - Sedikitnya 37 kejadian bencana terjadi di Kabupaten Gunungkidul akibat hujan dan angin kencang pada Rabu (3/1/2024). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini tetapi kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul Purwono mengatakan, sampai dengan pukul 15.00 total ada sebanyak 37 titik kejadian bencana di wilayahnya yang sebagian besar didominasi oleh pohon tumbang.

Dalam rekaman video yang tersebar di sosial media juga terlihat angin kencang yang memporak-porandakan warung dan rumah warga. Video itu disebutkan terjadi di area Kodim Wonosari.

"Sebagian besar sudah ada yang ditangani oleh warga dan relawan dan sebagian lainnya masih dalam penanganan," katanya.

Purwono menyampaikan, assesment dari TRC BPBD Gunungkidul sudah dilakukan dibantu dengan relawan kebencanaan lainnya. Selain itu pihaknya juga telah melakukan distribusi bantuan permakanan, peralatan dan penanganan langsung atau evakuasi.

"Masyarakat kami imbau untuk update informasi peringatan dini dan informasi cuaca menjadi perhatian peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," katanya.

Pihaknya meminta kepada warga untuk waspada jika terjadi hujan deras disertai angin kencang untuk menghindari pohon besar, tiang listrik, baliho, daerah rawan longsor dan Daerah Aliran Sungai.

"Juga perhatikan kondisi cuaca ekstrim bila terjadi hujan lebih dari 2 jam harap waspada dan mengungsi ditempat yang lebih aman," pungkas dia. (Anz)