Jogja

Hujan Deras Picu Talut Longsor di Yogyakarta

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Sebuah talut yang berlokasi di Sorosutan, Umbulharjo dilaporkan rusak akibat hujan deras yang melanda wilayah Yogyakarta pada Senin (1/5/2
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Sebuah talut yang berlokasi di Sorosutan, Umbulharjo dilaporkan rusak akibat hujan deras yang melanda wilayah Yogyakarta pada Senin (1/5/2023).

Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Nur Hidayat menyampaikan, talut yang rusak itu terjadi pada sekitar pukul 13.30 Wib saat hujan deras menimpa wilayah setempat. Namun baru dilaporkan warga pada pukul 16.00 Wib. "Setelah laporan masuk petugas kami langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan asessment," katanya.

Menurut Nur, talut yang rusak itu berada di dua titik di lokasi yang sama. Talut pertama setinggi dua meter dengan lebar dua meter dan panjang 30 cm. "Talut yang kedua tinggi dan lebar dua meter sementara panjangnya 20 cm. Keduanya milik DPUPKP," ujarnya.

Petugas di lapangan sudah berkoordinasi dengan KTB setempat untuk melakukan penanganan agar tidak muncul longsor susulan.  "Kebutuhan mendesaknya kerja bakti lanjutan dan koordinasi dengan wilayah dan instasi terkait," katanya.

Petugas juga sudah memberikan garis batas aman dan perbaikan talut seadanya menyusul perbaikan yang lebih detail oleh instansi terkait lainnya. (Anz)