Photo by Mikhail Nilov: https://www.pexels.com/photo/a-group-of-men-having-a-discussion-9301314/
Gaya Hidup

Ikuti Langkah ini Saat Menghadapi Kritikan Agar Tetap Berkembang

  • JAKARTA - Mendapat kritikan dari seseorang memang terasa sangat menyakitkan. Terutama jika Anda adalah seseorang yang sensitif dan perfeksionis.Setiap orang mem
Gaya Hidup
Ties

Ties

Author

JAKARTA - Mendapat kritikan dari seseorang memang terasa sangat menyakitkan. Terutama jika Anda adalah seseorang yang sensitif dan perfeksionis.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi kritikan. Beberapa mungkin bisa dengan santai mengabaikannya. Sementara yang lain bisa saja menginternalisasi kritik hingga mempengaruhi rasa percaya dirinya.

Kritik adalah hal yang tidak dapat Anda hindari sebagai bagian dari perjalanan hidup Anda. Kali ini TrenAsia akan merangkum langkah yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi kritikan agar Anda tetap berkembang.

1. Perhatikan siapa yang memberi kritikan

Anda tentu tidak bisa serta merta menerima kritikan dari semua orang begitu saja. Kritik dari anggota keluarga atau sahabat dekat seharusnya lebih Anda perhatikan daripada kritikan yang datang dari orang asing.

2. Identifikasi jenis kritik

Beberapa kritikan bersifat sangat kejam dan cenderung menyerang secara personal kepada Anda sementara beberapa kritik bisa saja bersifat konstruktif dan membangun.

Kritik yang membangun tidak bisa dilihat sebagai serangan. Karena kritikan tersebut dapat membantu Anda untuk introspeksi dan berbenah diri agar lebih baik lagi kedepannya.

3. Miliki sikap berkembang

Jadilah seseorang yang terbuka dengan pendapat orang yang berkebalikan dengan kita. Hal ini dapat membantu Anda untuk selalu belajar dan berubah.

Alih-alih berfokus pada hal negatif dari suatu kritikan anggap saja kritikan tersebut adalah media Anda untuk memperbaiki diri.

4. Jangan dipikirkan dan jangan tersinggung

Setelah Anda mengidentifikasi jenis kritikan tersebut dan ternyata kritikan tersebut tidak valid. Maka alihkan fokus Anda. Jangan repot-repot memikirkannya dan menganalisisnya. Berfokuslah pada kekuatan Anda.

Pahami jika tidak semua kritikan itu tentang Anda. Bisa saja kritikan itu adalah proyeksi dari ketidakamanan, kecemburuan, dan ketidakbahagiaan orang lain dengan diri mereka sendiri.

5. Sayangi diri Anda

Terima setiap perasaan yang muncul akibat suatu kritikan dengan tulus. Rasakan saat Anda marah atau kecewa. Setelahnya, berbaik hatilah dengan diri Anda sendiri. Sadari bahwa semua orang berproses dan tidak ada orang yang sempurna. Tidak apa-apa untuk melakukan kesalahan.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 langkah menghadapi kritikan agar Anda tetap berkembang.   

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 11 Apr 2023