Ekonomi, Fintech & UMKM

InI Dia, Makalah Pemenang Jogja Economic Forum 2023

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Dalam rangkaian acara Jogja Economic Forum 2023 Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) DIY bekerjasama dengan ISEI Cabang Yogyakarta men
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Dalam rangkaian acara Jogja Economic Forum 2023 Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) DIY bekerjasama dengan ISEI Cabang Yogyakarta menyelenggarakan Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023.

Presentasi 10 makalah terpilih telah dilakukan minggu yang lalu di Hotel Grand Mercure Yogyakarta (04/07/22). Pengumuman 3 makalah terbaik dilaksanakan bersamaan dengan acara forum diskusi “Peluang dan Tantangan Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia” yang diselenggarakan oleh KPwBI DIY di Hotel Tentrem Yogyakarta (10/07/23). Acara tersebut merupakan rangkaian dari acara Jogja Economic Forum 2023, Grebeg UMKM DIY 2023 dan side event ASEAN Indonesia2023.

Penilaian terhadap 10 makalah terpilih didasarkan pada kualitas makalah (topik, metodologi, dan pembahasan), presentasi (materi, kemampuan menjelaskan dan kemampuan menjawab) serta uji Turnitin (similarity index) untuk menghindari plagiarism. Dewan yuri terdiri dari Jaka Sriyana (Guru Besar FBE UII), Amirullah Setya Hardi (Dosen FEB UGM) dan Rifat Pasha (Asisten Deputi Kepala KPwBI DIY), telah memutuskan 3 makalah terbaik.

Ketiga makalah tersebut adalah terbaik 1 judul “Varianel yang Memengaruhi Keberhasilan Wirausaha Pemula di DIY” (Dorothea Wahyu Ariani/FE UMBY dan Jonathan Ersten Herawan/FBE UAJY). Selanjutnya makalah terbaik 2 judul “Pengaruh Teknologi Keuangan (Fintech) terhadap Konsumsi Rumah Tangga DIY” (Aditiyarini Kurniawati/Bappeda DIY dan Ardyanto Fitrady/FEB UGM). Untuk makalah terbaik 3 judul “Model Pembangunan Ekonomi Lokal: Studi KWT Pawon Gendis, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo” (Catur Sugiyanto, Nav’iah Khusniati, dan Mareta Larasati/FEB UGM).

Makalah terbaik 1, 2 dan 3 masing-masing memperoleh apresiasi dari KPwBI DIY berupa sertifikat dan uang masing-masing sebesar Rp 10 juta, Rp 7 juta dan Rp 5 juta. Sedangkan 7 finalis lainnya memperoleh sertifikat dan uang masing-masing sebesar Rp 3 juta peneliti. Hadiah untuk pemenang diserahkan oleh Harso Hutomo (Deputi Kepala KPwBI DIY)

“Saya berharap KPwBI DIY bersama ISEI Cabang Yogyakarta menyelenggarakan forum sejenis dengan melibatkan dosen dan peneliti yang lebih banyak”, harap Dorothea Wahyu Ariani peneliti dengan makalah terbaik 1. Harapan tersebut didukung oleh  Catur Sugiyanto (Guru Besar FEB UGM). “KPwBI DIY dan ISEI Cabang Yogyakarta juga dapat bekerjasama dengan pengelola jurnal agar makalah yang terpilih selanjutnya dapat diterbitkan jurnal”, jelas Catur.

Menanggapi usulan tersebut, Rifat Pasha mewakili KPwBI DIY menyatakan ke depan siap berkolaborasi dengan ISEI Cabang Yogyakarta. “Kami siap menyelenggarakan event Call for Paper dengan cakupan yang lebih luas”, tegas Rifat. “ISEI cabang Yogyakarta juga siap berkolaborasi dengan KPwBI DIY untuk menyelenggarakan Call for Paper Road to Jogja Economic Forum 2024”, tegas Y. Sri Susilo (Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta) dalam rilisnya kepada media. (*)