Jogja

Ini Jam Operasional Museum dan Wisata Kraton Yogyakarta Selama Lebaran

  • YOGYA, Jogjaaja.com -  Berkaitan dengan pelaksanaan peringatan Idulfitri, terdapat penyesuaian jam operasional museum dan wisata di Keraton Yogyakarta.Cari
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com -  Berkaitan dengan pelaksanaan peringatan Idulfitri, terdapat penyesuaian jam operasional museum dan wisata di Keraton Yogyakarta.

Carik KHP Nitya Budaya Nyi R.Ry Noorsundari menjelaskan untuk wisata Kedhaton atau bangunan inti Keraton, akan ditutup selama tiga hari. “Kedhaton akan libur pada Jumat (21/04), Sabtu (22/04), dan Minggu (23/04),” jelasnya, Selasa (18/4/2023).  

Wisata Kedhaton akan dibuka kembali pada Senin (24/04). “Ini khusus edisi Lebaran saja, karena biasanya setiap hari Senin wisata Keraton itu ditutup,” tambahnya. Untuk museum Keraton lainnya seperti Museum Wahanarata, Jalan Rotowijayan, akan ditutup pada Kamis (20/04) dan Jumat (21/04) saja.

“Sedangkan Wisata Tamansari libur pada Jumat (21/04) dan Sabtu (22/04), akan dibuka kembali pada Minggu (23/04),” tutupnya.

Sebagaimana diketahui Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menggelar rangkaian peringatan Idulfitri 1444 H/Tahun Ehe 1956. Berbeda dengan tiga tahun sebelumnya yang dilakukan secara terbatas karena pandemi, pelaksanaan tahun ini digelar sebagaimana mestinya secara luring. Utamanya pelaksanaan prosesi Garebeg Sawal yang akan dilakukan dengan iring-iringan 10 Bregada Prajurit Keraton yang mengawal tujuh buah gunungan.

Adapun keseluruhan agenda di atas bersifat terbuka dan dapat disaksikan oleh umum serta disiarkan melalui Instagram live @kratonjogja dan live streaming Youtube Kraton Jogja. Sementara, agenda Hajad Dalem Ngabekten yang dilakukan selama dua hari pada Sabtu (22/04) dan Minggu (23/04) bersifat tertutup. (Anz)

 

 

(Anz)