Jack Ma
Gaya Hidup

Ini Pesan Jack Ma Agar Percaya Diri Dalam Karir dan Bisnis

  • JOGJA, Jogjaaja.com – Kiprah Jack Ma sebagai pendiri Ali Baba dan grup bisnis lainnya yang sukses melalui tangan dinginnya sudah dikenal di seluruh penjuru duni
Gaya Hidup
Tyo S

Tyo S

Author

JOGJA, Jogjaaja.com – Kiprah Jack Ma sebagai pendiri Ali Baba dan grup bisnis lainnya yang sukses melalui tangan dinginnya sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Untuk mencapai kesuksesan seperti dirinya, Jack Ma ternyata punya sejumlah tips. 

Salah tips yang ia sampaikan adalah untuk berhasil dalam bisnis harus percaya diri atau PD. Kepercayaan diri ini penting dalam menentukan perjalanan karir atau bisnis. 

Baca Juga:

Laba Bersih Allo Bank (BBHI) Tembus Rp87,73 Miliar Pasca Dikuasai Chairul Tanjung

TNI AL Bakal Adakan Baksos dan Vaksinasi Covid-19 di Srigading, Begini Pesan Sultan HB X

Karena itu, Anda bisa mengikuti saran Jack Ma, seperti yang dikutip dari salah satu video motivasinya di Youtube:

“Jangan kuatir, setiap kesalahan adalah sebuah ‘pendapatan’. Itu adalah sebuah ‘penghasilan’ untuk Anda. Lalu, saya katakan pada diri saya, dan juga orang-orang muda di sekitar saya. Sebelum usia 20 tahun, jadilah pelajar yang baik.”

Sebelum usia 30 tahun, ikutlah kerja pada orang lain. Bekerjalah di perusahaan kecil.

Biasanya, di perusahaan besar, sangat baik untuk belajar mengenai proses. Anda adalah bagian dari sebuah ‘mesin’ yang besar.

Tetapi ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan kecil, Anda belajar mengenai hasrat dan kegigihan. Anda belajar tentang impian-impian perusahaan. Anda belajar untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu.

Sebelum 30 tahun, ini bukan soal Anda bekerja di perusahaan yang seperti apa. Ini soal siapa atasan atau Bos yang Anda ikuti. Hal ini sangatlah penting. Seorang atasan atau Bos yang baik, akan mengajarkan Anda banyak hal secara berbeda.

Dari usia 30 ke 40 tahun, Anda harus memikirkan tentang bagaimana Anda bekerja untuk diri Anda sendiri. Jika Anda ingin benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha atau pencipta lapangan kerja.

Ketika Anda berusia 40 hingga 50 tahun, Anda harus melakukan semua hal yang Anda ahli (kuasai) di dalamnya. Jangan mencoba belajar sebuah pekerjaan baru di sebuah wilayah baru, hal ini sudah terlambat. Mungkin saja Anda bisa berhasil. Tetapi risiko kegagalannya terlalu besar.

Jadi, di usia 40 hingga 50 tahun, pikirkan bagaimana Anda bisa fokus pada hal-hal yang Anda bagus, hebat, jago atau kuasai di dalamnya.

Tetapi ketika Anda berusia 50 hingga 60 tahun, bekerjalah dengan orang-orang muda (pekerjakan orang-orang muda, red). Karena orang-orang muda dapat melakukan pekerjaan lebih baik daripada Anda. Jadi percayakan pada mereka, berinvestasilah pada mereka. Pastikan mereka melakukannya dengan baik.

Kemudian ketika Anda berusia 60 tahun, habiskan waktu untuk diri Anda sendiri.

 

Berikut adalah transkrip asli berbahasa Inggris yang diucapkan Jack Ma dalam video Youtubenya.

Don’t worry, Any mistake is an income. It’s a wonderful revenue for you.

So I tell my self, and to my young people. Before 20 years old, be a good student.

Before 30 years old, follow somebody. Go to a small company.

Normally, in a big company it is good to learn process. You are a part of a big machine.

But when you go to a small company, you learn the passions. You learn the dreams. You learn to do a lot of things at one time.

Before 30 years old, it is not which company you go. It’s which boss you follow. It is very important. A good boss teach you differently.

From 30 to 40 years old, you have to think that you work for yourself. If you really want to be an entrepreneur.

When you 40 to 50 years old, you have to do all the things that you good at. Don’t try learn a job to a new area, it’s too late. It might make you succesfull. But the risk of dying is too big.

So 40 to 50 think about, how can focus on things that you are good at.

But when you 50 to 60 years old, work for the young people. Because young people can do better than you. So rely on them, invest on them. Making sure they are good.

So when you over 60 years old, spend time for yourself.

(Jack Ma)