Jogja

Insiden Kericuhan Antar Suporter, JPW Pertanyakan Kinerja Polda DIY

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Jogja Police Watch mempertanyakan kinerja Polda DIY terkait dengan pengamanan dan pengawalan terhadap para suporter dari Persis Solo.Absen
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Jogja Police Watch mempertanyakan kinerja Polda DIY terkait dengan pengamanan dan pengawalan terhadap para suporter dari Persis Solo.

Absennya aparat keamanan berimbas pada kericuhan yang terjadi di sejumlah titik di Yogyakarta dan menimbulkan kerusakan fasilitas umum.

"Kenapa suporter Persis Solo dengan jumlah besar itu bisa masuk ke wilayah Kota Yogyakarta termasuk kawasan Tugu Yogyakarta, yang merupakan simbol masyarakat Yogyakarta?," kata Kadiv Humas JPW, Baharuddin Kamba, Selasa (26/7/2022).

Dia menyebutkan bahwa, hal ini harus dievaluasi secara total dan tuntas oleh pihak kepolisian agar insiden serupa tidak kembali yang terjadi.

"Harus berani evaluasi internal kepolisian," tambahnya.

Pihaknya juga sangat menyesalkan insiden bentrokan tersebut terjadi di tengah kesibukan sebagian masyarakat Yogyakarta melakukan aktivitas.

Para orang tua juga dibayangi rasa was-was ditengah insiden itu terjadi saat menjemput anak dari sekolah.

"Sungguh peristiwa yang tak patut untuk ditiru karena merugikan banyak pihak atas insiden tersebut. Semoga insiden serupa tidak terjadi kedepan," ujar dia.

Menurutnya, Polda DIY harus memberikan jaminan keamanan dan perlindungan bagi masyakarat pemilik plat kendaraan AD yang ada di Yogyakarta.

Begitu pun dengan Polda Jateng agar memberikan keamanan dan perlindungan bagi masyarakat yang memiliki kendaraan berplat AB yang ada di Solo khususnya.

"Mari bersama-sama menjaga kondusifitas daerah masing-masing. Jangan mudah terprovokasi. Kepolisian sebagai alat negara harus tegas tanpa pandang bulu terhadap masyarakat termasuk suporter klub bola yang melakukan pelanggaran hukum," kata Kamba.

Sebelumnya, insiden bentrokan fisik terjadi di beberapa titik di Yogyakarta antara suporter Persis Solo dengan warga Yogyakarta. 

Peristiwa bentrokan salah satunya terjadi di Jalan Affandi Gejayan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Senin (25/07/2022). (Anz)