Budaya

Jajanan di Yogyakarta ini Lagi Viral di TikTok, Apa Saja?

  • YOGYA - Wisata kuliner di Yogyakarta seperti tak pernah ada habisnya. Selalu ada tempat makan menarik dan unik yang dapat menjadi jujukan para pengunjung dan wi
Budaya
Ties

Ties

Author

YOGYA - Wisata kuliner di Yogyakarta seperti tak pernah ada habisnya. Selalu ada tempat makan menarik dan unik yang dapat menjadi jujukan para pengunjung dan wisatawan.

Bahkan tidak hanya makanan tradisional seperti gudeg dan bakpia, ada beragam makanan kekinian yang turut meramaikan destinasi wisata kuliner di Yogyakarta. Berikut sederet rekomendasi wisata kuliner Yogyakarta yang viral di TikTok.

1. Gudeg Bromo

Gudeg Bromo menjadi wisata kuliner di Yogyakarta yang tak kalah viral. Hingga saat ini, ada ratusan postingan video yang mereview gudeg ini sebagai rekomendasi kuliner enak.

Gudeg Bromo atau Gudeg Bu Tekluk menyajikan cita rasa gudeg yang tidak terlalu manis. Aneka menu pelengkap gudeg ini juga tak kalah menjadi rekomendasi para pecinta kuliner.

Gudeg Bromo buka mulai pukul 23.00, namun biasanya para pelanggan gudeg ini sudah mengantri sejak pukul 22.30. Seporsi Gudeg Broo dibanderol mulai dari Rp 25.000-Rp 50.000.

Gudeg Bromo terletak di Jalan Affandi,No.2A, Santren, Caturtunggal, Depok, Sleman.


2. Nasi Campur Teri Gejayan

Nasi Campur Teri Gejayan merupakan salah satu ikon kuliner legendaris di Yogyakarta. Seperti namanya, tempat makan ini menyajikan beragam lauk pauk yang cukup lengkap.

Menu andalan tempat makan ini adalah sajian teri yang bercita rasa asin, gurih, dan pedas. Menu nasi campur teri ini sudah dijual oleh Pak Dul sejak tahun 1970-an yang kemudian bisnis kuliner tersebut dilanjutkan oleh menantunya Pak Subagiyo.

Menu nasi campur teri ini bisa dinikmati dengan harga yang sangat murah, yaitu mulai dari Rp 8.000 saja. Adapun berbagai menu sayur dan lauk-pauk lainnya di antaranya sayur nangka muda, ayam, telur, tempe, tahu, bakwan jagung, dan lain-lain. Nasi Campur Teri Gejayan ini berada di Jalan Affandi No.5, Gejayan. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai pukul 17.00-03.00.


3. Sate Ratu

Sate Ratu menjadi salah satu tempat makan viral Tiktok yang hampir tak pernah sepi pengunjung. Warung Sate Ratu selalu ramai diserbu baik wisatawan domestik hingga mancanegara.

Berbeda dengan satai pada umumnya,tempat makan ini menyajikan satai ayam merah. Daging ayam diacik dengan bumbu merah yang gurih, asin, dan sedikit pedas.

Selain dari bumbunya, ciri khas sate ratu adalah potongan daging ayamnya yang besar dan empuk. Satu prosi satai ayam merah ala Sate Ratu dibanderol mulai dari Rp 30.000 per porsi.

Warung Sate Ratu berada di Jalam Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. Tempat makan satai ini buka setiap Senin-Sabtu, mulai pukul 11.00-21.00 WIB.

 

4. Ayam Bakar Artomoro

Ayam Bakar Artomoro menjadi wisata kuliner Yogyakarta yang viral di TikTok. Ayam bakar ini terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km.7,8 No. 30 A, Sleman, DIY.

Tidak seperti ayam bakar pada umumnya yang bercita rasa manis, tempat makan ini menyajikan ayam bakar dengan bumbu pedas. Namun tenang, Ayam Bakar Artomoro ini tak hanya menyediakan menu ayam bakar pedas saja, ada juga ayam bakar manis beserta menu pedamping seperti sayur asam, petai, tahu, dan tempe.

Ayam bakar yang digunakan adalah ayam kampung dan dimasak dengan api kecil bersama dengan beragam bumbu rempah seperti bawah putih, bawang merah, cabai, dan serai. Tambahan lainnya adalah santan suapaya ayam semakin gurih.

Proses pemasakannya pun dilakukan dua kali. Pertama, ayam dimasak dengan air yang cukup banyak hingga air rebusan tersebut tinggal menyisakan bumbu dan ayamnya saja.

Kedua, ayam yang sudah direbus dimasak kembali bersama endapan bumbu pedas tersebut. Seprosi ayam bakar di tempat makan ini dibanderol mulai dari Rp 22.000.

Ayam Bakar Artomoro buka setiap hari, mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

5. Cinema Bakery

Cinema Bakery menjadi toko kue dan kudapan manis yang tengah hits dikalangan anak muda di Yogyakarta. Toko kue ini menyajikan beragam pastry, cake, beragam dessert, hingga ragam menu western food lainnya.

Cinema Bakery ini dibangun oleh Chef Cedric asal Perancis, sehingga masalah rasa sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain memiliki beragam menu yang terkenal lezat, Cinema Bakery juga menyajikan tempat yang nyaman dan instagramable.

Ada area semi outdoor dengan pemandangan persawahan yang dapat menyejukan mata. Cinema Bakery cocok menjadi tempat nongkrong sambil menikmati kue bersama orang-oran terdekat.

Aneka menu di toko kue ini dibanderol mulai dari Rp 17.000 per porsinya. Cinema Bakery berada di Jalan Yudistira, Wonorejo, Sariharjo, dan buka setiap hari, mulai pukul 07.00-20.00 WIB.

6. Makmur Chicken and Soda

Tempat makan ini tengah hits di kalangan anak muda. Makmur Chicken & Soda memiliki konsep tempat yang unik dan bergaya retro 90-an.

Tiap sudut tempat ini sungguh Instagramable dan cocok untuk foto-foto. Tempat makan ini juga menyajikan berbagai menu burger yang lezat dan unik.

Menu andalan tempat ini adalah Sakuragi, burger dengan isian fried chicken with chili oil, sayuran, dan saus racikan khas kedai burger ini. Aneka menu di sini dibanderol mulai dari Rp20.000-Rp30.000.

Makmur Chiken and Soda berada di Jalan Pakuningratan No. 37, Cokrodiningratan, dan buka dari pukul 14.30-21.30 WIB. Pengunjung dapat mengunjungi laman Instagram @jl_makmur, untuk informasi lebih legkap.

7. Sekar Pizza

Sekar Pizza dapat menjadi pilihan untuk mencicipi piza ala New York yakni memiliki lapisan roti yang tipis. Selain memiliki lapisan roti yang tipis, Sekar Pizza juga hadir dengan ukuran piza raksasa tau jumbo.

Menu piza yang dihadirkan cukup variatif seperti pizza cheese, pepperoni, mushroom, salami, beef, pastrami, smoked beef dan deep dish. Harga yang dibanderol cukup bervariasi juga mulai dari Rp22.000 hingga Rp35.000 per potong, dan Rp145.000 hingga Rp220.000 per loyang.

 

Sekar Pizza berada di Jalan Tirtodipuran 46, Mantrijeron, Yogyakarta. Sekar Pizza buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. (*)