Bantul

Jangan Kelewatan, Ini Info Pendaftaran Stand Sekaten 2022

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, pasar rakyat Sekaten akan kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 16 September hingga 1
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, pasar rakyat Sekaten akan kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 16 September hingga 16 Oktober 2022.

Tahun ini, pasar rakyat Sekaten berganti nama menjadi Pasar Rakyat Jogja Gumbregah 2022. Untuk lokasi, juga akan berganti.

Dari yang semula digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta, kini dipindah ke Lahan Eks Kampus STIEKER Yogyakarta atau tepat di Jalan Parangtritis Kilometer 3, Padukuhan Salakan, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul.


Pasar Rakyat Jogja Gumbregah 2022 masuk dalam rangkaian dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Sabtu Pahing (12 Mulud 1956) atau Sabtu (8/10/2022). Kegiatan ini digelar oleh Sekber Keistimewaan DIY, Altar Ria Production, dan Pola Prakarya, yang didukung oleh Perkumpulan Pengusaha Pasar Malam (P3M).

Sebagaimana penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, Pasar Rakyat Jogja Gumbregah 2022 juga akan dimeriahkan oleh ratusan stand UMKM, kuliner, otomotif, wahana permainan, hingga panggung hiburan.

Ketua Pelaksana Harian Pasar Rakyat Jogja Gumregah, Inung Norzani, menyampaikan bahwa bagi masyarakat yang ingin menyewa stand di Pasar Rakyat Jogja Gumbregah 2022 dapat dengan segera menghubungi panitia.

"Masyarakat yang ingin menyewa lahan usaha dapat menghubungi panitia melalui nomor telpon 087859080808. Kami akan membuka pendaftaran stand mulai tanggal 1 September 2022 di lokasi acara," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/9/2022)

Selain itu, founder Altar Ria Production ini menambahkan, pihaknya juga akan memberi ruang bagi kelompok kesenian yang ingin berpartisipasi menampilkan seni pertunjukan dalam acara Pasar Rakyat Jogja Gumbregah 2022.


“Panitia akan menyediakan panggung, sound dan lighting. Bagi masyarakat yang ingin tampil, dapat menghubungi nomor 082135510177," katanya.


Sementara itu, Ketua Sekber Keistimewaan DIY Widihasto Wasana Putra mengungkapkan, pihak panitia akan berusaha melakukan penataan, mulai dari penataan stand hingga seleksi calon peserta yang akan mengikuti kegiatan Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022.

Untuk stand, panitia secara khusus membuat tenda yang seragam sehingga akan terlihat lebih rapi. Peserta yang akan mengikuti kegiatan Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022 tidak diizinkan untuk memasang atau membuat tenda sendiri.

"Semua akan menggunakan tenda sehingga nantinya akan lebih rapi,” kata Hasto.

 

“Mereka (peserta pasar malam) tidak memasang sendiri, tapi panitia yang akan memasang sehingga bisa seragam," pungkasnya. (Eff)