I Gusti Bagus Sugriwa (Facebook AAGN Dwipayana)
Jogja

Jarang Diketahui, Ternyata I Gusti Bagus Sugriwa Pencetus Istilah Pancasila

  • KOORDINATOR Staf Khusus Presiden, Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana dalam akun facebook resminya mengungkapkan siapa sosok yang mencetuskan istilah Pancasila
Jogja
Ties

Ties

Author

KOORDINATOR Staf Khusus Presiden, Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana dalam akun facebook resminya mengungkapkan siapa sosok yang mencetuskan istilah Pancasila kepada Bung Karno saat menyampaikan pidato. Berikut unggahannya

Saya penasaran darimana Bung Karno menemukan nama/istilah Pancasila. Bung Karno menyebutkan bahwa istilah Pancasila  diperoleh dari petujuk temannya, seorang ahli bahasa.

Bung Karno tidak menggunakan Panca Dharma. Panca Dharma  dianggap Bung Karno tidak tepat karena Dharma berarti kewajiban. Sedangkan yg dibicarkan Dasar.

Bung Karno adalah seorang pemimpin besar yang senang dengan simbolik. Dalam pidato 1Juni,  Bung Karno menyebuitkan serba lima:  Rukun Islam  ada lima. Jari ada lima. Panca Indra ada lima. Pandawa juga ada lima.

Dengan bilangan lima maka atas petunjuk ahli bahasa, Bung Karno memberi nama Panca-Sila. Sila artinya azas atau dasar.

Siapakah ahli bahasa itu? Darimana ahli bahasa mendapatkan istilah Pancasila?

I Gusti Bagus  Sugriwa (fotonya saya angkat disini), seorang Pujangga  Susastra Bali dalam ceramahnya mengenai Dharma Agama dan Dharma Negara, sering mengutip kekawin Sutasoma yang memuat istilah Panca Sila Krama.

Panca Sila Krama adalah ajaran Kasogatan/Buddha mengenai  landasan etika yang terdiri dari: Ahimsa (tidak boleh membunuh), Satya (setia), Asteya (tidak boleh mencuri), Brahmacaria (taat pada ajaran agama), dan Aparigraha (tidak boleh mengacau).

Hal lain yang menarik, Sesanti Bhinneka Tunggal Ika  yang ada dalam lambang Garuda Pancasila juga diambil dari Kakawin Sutasoma gubahan Mpu Tantular.

Tidak jelas apakah teman ahli bahasa Bung Karno mendapatkan istilah Pancasila dari kakawin Sutosoma yang memuat  Panca Sila Krama. Tapi  yang jelas Bung Karno mengenalkan istilah Panca-Sila sebagai Lima Dasar Negara, sepert yg kita kenal sampai saat ini. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Semoga Pancasila  selalu Jaya...

#Pancasilakrama
#sutasoma
#sastrasaraswatisewana
#pamarisuddhageringagung
#purikauhanubud

Sebagainana diketahui Tepat 76 tahun yang lalu, Soekarno menyampaikan pidato yang menawarkan gagasan dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

Badan Penyelidikan Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), mengadakan serangkaian rapat yang dibuka pada tanggal 28 Mei 1945.

Rapat tersebut diselenggarakan di gedung Chuo Sangi In yang kini dikenal dengan nama Gedung Pancasila.

Pada 1 Juni 1945, untuk pertama kalinya, Soekarno mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato Soekarno pun mendapatkan sambutan baik dan diterima oleh anggota BPUPKI yang kemudian membentuk Panitia Sembilan.

Panitia Sembilan ini bertugas untuk merumuskan kembali Pancasila yang diutarakan Soekarno sebagai dasar negara Indonesia.

Adapun anggota Panitia Sembilan adalah Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, A.A. Maramis, Abikusno Tjokrosoejoso, Abdulkahar Muzakir, H.A. Salim, Ahmad Soebardjo, Wahid Hasjim, dan Muhammad Yamin.

Setelah melalui serangkaian perubahan, Pancasila akhirnya dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan disahkan sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945.

Proses panjang perumusan dasar negara Indonesia merdeka akhirnya menghasilkan lima butir sila Pancasila, yakni Ketuhanan yang maha esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia,  Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. (*)