Jogja

Kampung Wisata Purbayan Meraih Kampung Terbaik Anugerah Desa Wisata 2023

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta meraih anugerah sebagai kampung wisata terbaik pada anugerah desa wisata 2023 okeh Keme
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta meraih anugerah sebagai kampung wisata terbaik pada anugerah desa wisata 2023 okeh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Menteri Parekraf RI, Dandiaga Uno melakukan kunjungan langsung ke Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta pada Minggu (4/6/2023). Kampung ini memiliki nilai sejarah peninggalan Mataram.

Sandiaga mengatakan, Kampung Wisata Purbayan, Kotagede telah memenuhi sejumlah syarat untuk ditetapkan sebagai kampung wisata terbaik pada anugerah desa wisata 2023. Selain sisi sejarahnya, destinasi yang dikelola di sini juga beragam.  "Masyarakat di sini dan juga pengelola kampung wisata juga mampu menjaga dan mengkolaborasikan kearifan lokal berupa seni budaya," kata Sandiaga.

Fasilitas pelengkap bagi wisatawan juga tersedia di kampung wisata ini berupa homestay, kuliner, fesyen, kriya, digital kreatif dan juga CHSE kelembagaan desa. Menurut Sandiaga hal itu semakin menambah keunikan dari Kampung wisata ini.  "Tempat ini juga ada beragam karya seni berupa kerajinan perak, batik dan wayang kulit," kata dia.

Sandiaga juga menegaskan bahwa, Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta mestinya menjadi salah satu destinasi yang mendunia ke depannya dengan segala macam potensi dan keunggulannya itu. "Kampung ini mengalahkan 75 desa wisata lain di Indonesia dan berhasil menjadi Kampung Wisata terbaik," ujarnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023 merupakan upaya Kemenparekraf RI untuk menjaring Desa dan Kampung Wisata terbaik untuk meningkatkan kualitas destinasi wisata. Selain itu juga membangkitkan lapangan kerja. (Anz)