Sleman

KB dan TK Amal Insani Adakan Lomba Tahfidz Qur'an, Ayat Suci Menggema di Mall

  • SLEMAN - Kelompok Bermain (KB) & Taman Kanak-kanak (TK) Amal Insani Yogyakarta kembali menggelar acara Lomba Tahfidz Qur'an untuk ketiga kalinya. Kegiatan K
Sleman
Ties

Ties

Author

SLEMAN - Kelompok Bermain (KB) & Taman Kanak-kanak (TK) Amal Insani Yogyakarta kembali menggelar acara Lomba Tahfidz Qur'an untuk ketiga kalinya. Kegiatan KB & TK Amal Insani bekerjasama dengan Jalani Pro, Bakpia Pathok 25, Be Queen Skin Care & Clinic, ZIS Rohis Lintas Arta serta Kalea Production, berlangsung di Sleman City Hall (SCH), Minggu (26/3) dan diikuti oleh sekitar 200 peserta dari KB hingga Sekolah Dasar (SD) di wilayah DIY.  

Lomba Tahfidz Qur'an ini sebelumnya pernah dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pada tahun 2019 dan 2020. Antusias peserta Lomba Tahfidz Qur'an dari tahun ke tahun, Alhamdulillah mengalami peningkatan.  

Ketua Panitia Lomba, Debby Eka Sampitri mengatakan di era globalisasi ini perkembangan teknologi yang semakin canggih dari mulai perkembangan media sosial seperti YouTube, dan Instagram, hingga beragam media sosial lainnya. Bukan tidak mungkin akan mengikis secara perlahan kebiasaan anak-anak untuk membaca Alquran. Sebagai orang tua, upaya untuk mengajak anak-anak membaca Alquran semakin sulit. Main ponsel dan menonton televisi lebih asyik bagi mereka ketimbang mengaji.


"Lomba Tahfidz Qur'an diadakan dalam rangka ingin mengenalkan KB & TK Amal Insani ke masyarakat secara lebih luas. Sekaligus memperkenalkan metode Ummi. Dalam menerapkan metode Ummi, hal-hal harus dikuasai adalah bacaan-bacaan panjang/pendek, pengucapan yang betul saat melafalkan huruf hijaiyah, tajwid/hukum bacaan, tanda berhenti/ waqof, cara baca fawatihus suwar, ghoribul qur'an dan harakat/tanda baca di setiap bacaan surah yang di lafalkan," papar Debby.

 

Peserta lomba tahfidz Al Quran yang diadakan TK&KB Amal Insani di Sleman City Hall, Minggu (25/2)


Lomba Tahfidz Qur'an, dibuka dengan seleksi awal, yakni para peserta diwajibkan menampilkan satu bacaan wajib. Perlombaan itu terdiri dari empat kategori yaitu KB, TK, SD kelas 1-3 (Grade A) dan SD kelas 4-6 (kelas 6). 

Yang membuat acara ini menarik adalah yang biasanya acara Lomba Tahfidz Qur'an itu diadakan di sekolah, akan tetapi konsep acara lomba yang kita adakan, diadakan di Mall. Harapannya semoga lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an bisa menggema di Mall. 

Inilah Daftar Lengkap Pemenang Lomba Tahfidz Al Quran di semua katagori :

Juara KB
1. Ahmad Musa Aji
2. Humaira Inayah
3. Vanesha Angelina Nurdiana

Juara TK
1. Adzkia Zhafira Nuur Mufidah
2. Anindya Nasyita Hanum
3. Kikaluning Tita Maidana

Juara Kategori Grade A
1. Dzakia Azfa Nafiah
2. Mutya Nur Ramadhani
3. Khorunnisa Nur Zahra

Juara Kategori Grade B
1. Ibad Ahzanur Rasydan
2. Aulia Cinta Paramitha
3. Kyasatina Almeera Wibowo

(*)