Jogja

Kuatkan Toleransi di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa, Disbud DIY Gelar Sarasehan Budaya

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan sarasehan budaya guna menumbuhkan semangat toleransi dan kerukunan budaya kepada pelajar dan mahasis
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan sarasehan budaya guna menumbuhkan semangat toleransi dan kerukunan budaya kepada pelajar dan mahasiswa di wilayah setempat, Jumat (16/9/2022).

Sekretaris Dinas Kebudayaan DIY, Cahyo Widayat mengatakan, pihaknya menggandeng Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Daerah Indonesia (IKPMDI) dalam acara sarasehan budaya itu. Sejumlah narasumber dr Polda, Kesbangpol dan Disdikpora dihadirkan untuk memberikan pemahaman kepada mereka.

"Sebagai miniatur Indonesia, Jogja tentu punya kewajiban agar pelajar dan mahasiswa selama menimba ilmu itu tetap menjaga persatuan dan kesatuan," katanya.

Menurut Cahyo, ada banyak program yang telah dijalankan pihaknya dengan tajuk Selendang Sutera demi mewujudkan agar toleransi dan semangat persatuan di kalangan pelajar dan mahasiswa tumbuh. Beragam acara itu diharapkan bisa menumbuhkan semangat antar etnis agar lestari.

"Ini kita ibaratkan bisa jadi semacam wadah agar mereka bisa mengekspresikan ragam kebudayaan mereka di Yogya. Dan ketika pulang ke daerah asal mereka bisa tetap menjaga semangat persatuan dan kesatuan," ungkapnya.

Cahyo menambahkan, program ini akan terus dijalankan agar setiap pelajar dan mahasiswa yang menimba ilmu di DIY bisa merasakan keterlibatan yang optimal dengan etnis lain. Dengan komunikasi dan kegiatan yang dijalankan, upaya menghargai budaya dan etnis lainnya diharapkan bisa terbentuk.

 

"Penekanannya tetap pada budaya sebagai ajang persatuan dan kesatuan serta menjaga semangat toleransi antar sesama etnis. Itu yang akan trus kita upayakan," jelasnya. (anz)