Bantul

Kunjungan Wisatawan ke Bantul di Pekan Awal September Naik 15,8 Persen

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Kunjungan wisatawan di Kabupaten Bantul diawal pekan bulan September mengalami peningkatan hingga 15,8 persen dibandingkan dengan satu pe
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Kunjungan wisatawan di Kabupaten Bantul diawal pekan bulan September mengalami peningkatan hingga 15,8 persen dibandingkan dengan satu pekan sebelumnya atau pada pekan terakhir di bulan Agustus 2023.

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi menjelaskan kunjungan wisata pada awal pekan bulan Septmber terhitung tanggal 28/8/2023 hingga 3/9/2023 mencapai 39.996 wisatawan dengan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp385 juta. 

Sementara itu satu pekan sebelumnya atau pekan terakhir di bulan Agustus terhitung tanggal 21-27/8/2023 jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 34.530 pengunjung dengan pemasukan PAD mencapai Rp334 juta.

"Ya ada peningkatan sekitar 15,8 persen kunjungan wisatawan di pekan awal bulan September dibandingkan satu pekan pada akhir bulan Agustus," ungkapnya, Selasa (5/9/2023).

Menurutnya kunjungan wisatawan di Bantul selama masa low season (akhir bulan Agustus sampai November) terbilang naik turun atau fluktuatif. Namun demikian untuk kunjungan pada awal pekan di bulan September naik disebabkan adanya sekolah yang mengagendakan study tour ke Bantul.

"Ada beberapa sekolah yang mengagendakan study tour di objek wisata khususnya pantai sehingga ada lonjakan kunjungan wisatawan," ungkapnya.

Lebih jauh Ipung mengatakan kunjungan wisatawan ke Bantul diperkirakan akan naik namun tak signifikan dengan adanya libur Maulud Nabi pada tanggal 28 September mendatang.

 

"Akan ada kenaikan diakhir bulan September namun tak signifikan sebab hari libur atau tanggal merahnya di hari Kamis kalau tidak salah. Jika tanggal merah di hari Jumat dipastikan kunjungan wisatawan akan naik signifikan. Ada libur panjang akhir pekan," pungkasnya.‎ (ANZ)